SEKAR FITRIANA BANOWATI, . (2025) PENERAPAN METODE SUKU KATA (SYLLABIC METHOD) PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas V SLB Negeri 6 Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
FILE COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (505kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (838kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (750kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (857kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode suku kata atau syllabic method pada pembelajaran membaca permulaan siswa hambatan intelektual ringan di kelas 5 C SLB Negeri 6 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif atau qualitative research dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini bermaksud untuk menggali secara lebih mendalam mengenai pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan menggunakan metode suku kata ‘’syllabic method’’ meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi. Berdasarkan fenomena dilapangan, ditemukan siswa hambatan intelektual ringan yang mampu membaca dengan lancar, kemampuan siswa ini berkaitan dengan cara guru mengajarakan membaca permulaan dengan menggunakan metode suku kata. Alasan guru memilih menggunakan metode suku kata dalam kegiatan pembelajaran membaca permulaan karena guru beranggapan bahwa dengan menggunakan metode suku kata dalam penerapannya siswa tidak mengeja huruf demi huruf, tetapi siswa langsung diajarkan mengenal huruf dengan mengupas dan mengurai suku kata – suku kata yang ingin dibaca oleh siswa. Pada proses penerapanya guru terlebih dahulu memperkenalkan huruf A-Z, Lalu pengenalan suku kata seperti ba, bi, bu, be, bo, dan seterusnya dan suku kata tersebut dirangkai menjadi kata yang bermakna seperti BA-CA, BU-KU. Berdasarkan hasil penelitian penerapan pembelajaran membaca menggunakan metode suku kata dapat mengoptimalkan pembelajaran membaca permulaan siswa hambatan intelektual ringan. ***** This study aims to describe the implementation of the syllabic method in early reading instruction for students with mild intellectual disabilities in Grade 5C at SLB Negeri 6 Jakarta. The research adopts a qualitative approach with a descriptive research design. It seeks to explore in-depth the implementation of early reading instruction using the syllabic method, covering planning, execution, and evaluation activities. Based on field observations, some students with mild intellectual disabilities were found to read fluently. This ability is linked to the teacher’s approach in teaching early reading through the syllabic method. The teacher chose this method because they believed it helps students avoid letter-by-letter spelling; instead, students are directly introduced to letters by breaking down and assembling syllables they want to read. In its application, the teacher first introduces the letters A-Z, followed by syllables such as ba, bi, bu, be, bo, and so on. These syllables are then combined into meaningful words like BA-CA and BU-KU. The findings indicate that implementing the syllabic method in early reading instruction effectively optimizes the learning process for students with mild intellectual disabilities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ishak Gerald Bachtiar, M.Pd ; 2). Drs. Bahrudin, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 27004 not found. |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 02:15 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 02:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |