PENGARUH E-LEARNING BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

MUHAMMAD PAKKA ADIYAKSA, . (2024) PENGARUH E-LEARNING BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB)
[img] Text
LAMPIRAN & DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Muhammad Pakka Adiyaksa (1410619066), Pengaruh E-learning Berbasis Learning Management System (LMS) Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta, Tesis , Jakarta, Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Jakarta, 2024: 209 halaman, 17 Buku, 2013 – 2023; 20 Artikel, 2015 – 2023. Pembelajaran di masa Covid-19 diperlukan untuk mengubah model pembelajaran masa lalu atau konvensional menjadi pembelajaran daring. Pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring telah diterapkan dalam sistem pendidikan di Indonesia serta di universitas dalam beberapa tahun terakhir. Penerapan e-learning diharapkan mampu memotivasi mahasiswa untuk lebih semangat dalam melaksanakan pembelajaran dan memiliki inovasi dalam mengembangkannya. Salah satu faktor pendorong adalah menerima reward berupa informasi. Dalam arti bahwa siswa mendapatkan informasi terbaru dan paling relevan, itu akan memotivasi mereka untuk melakukan sesuatu yang up-to-date. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kognitif sosial, yang digunakan untuk menjelaskan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa, yang meliputi tindakan siswa dalam proses pembelajaran pada e-learning berbasis Learning Management System (LMS). Variabel independen dalam penelitian ini adalah e-learning yang memiliki empat dimensi interaktivitas yang menggambarkan komunikasi yang terjadi secara langsung dan tidak langsung dalam sistem manajemen pembelajaran berbasis e-learning (LMS), independensi yang menggambarkan fleksibilitas yang terjadi pada sistem manajemen pembelajaran berbasis e-learning (LMS), Aksesibilitas yang menggambarkan kemudahan akses pembelajaran melalui e-learning berbasis Learning Management System (LMS), Pengayaan yang menggambarkan penerapan teknologi informasi dari berbagai kategori. Adapun variabel dependen dalam penelitian ini yaitu motivasi belajar yang memiliki dua dimensi diantaranya intrinsik yang menggambarkan dorongan dan keinginan untuk melakukan kegiatan untuk mencapai hasil yang baik dan ekstrinsik yang menggambarkan situasi pembelajaran yang kondusif dan kegiatan yang menarik. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah positivisme dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan jenis penelitian penjelasan yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana pengaruh e-learning berbasis Learning Management System (LMS) terhadap motivasi belajar mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Negeri Jakarta. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta berjumlah 457 mahasiswa aktif dengan total sampel 82 mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh e-learning berbasis Learning Management System (LMS), terutama pada dimensi aksesibilitas, yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Negeri Jakarta, khususnya pada dimensi ekstrinsik berupa imbalan yang diperoleh oleh individu itu sendiri. Dalam hal e-learning, aksesibilitas merupakan dimensi yang memberikan pengaruh terbesar, sedangkan kemandirian berupa fleksibilitas dalam penyediaan waktu, tempat, guru dan bahan ajar, dimana ini merupakan dimensi yang memberikan pengaruh paling kecil terhadap motivasi belajar. Dari variabel motivasi belajar, ekstrinsik adalah dimensi yang paling dipengaruhi oleh e-learning, sedangkan intrinsik yang meliputi keinginan untuk sukses dan dorongan untuk melakukan kegiatan pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta merupakan dimensi yang paling tidak terpengaruh oleh e-learning berbasis Learning Management System (LMS). Penelitian ini, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa e-learning berbasis learning management system (LMS), khususnya pada interaktivitas dan aksesibilitas e-learning berbasis learning management system (LMS) telah terbukti memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap motivasi belajar siswa, terutama pada apresiasi atau apresiasi dan adanya kegiatan pembelajaran yang menarik mengenai pembelajaran melalui e-learning berbasis learning managmenet system (LMS). Saran peneliti untuk sistem manajemen pembelajaran berbasis e-learning (LMS) untuk menambah fitur yang mendukung pembelajaran siswa, sehingga instruktur dapat lebih interaktif dan metode pembelajaran semakin bervariasi dalam e-learning berbasis LMS. Kata kunci: E-learning, Motivasi Belajar, Kognitif Sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Dini Safitri, M.Si. 2. Dr. Wiratri Anindhita, M.Sc.
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhammad Pakka Adiyaksa .
Date Deposited: 03 Mar 2025 02:05
Last Modified: 03 Mar 2025 02:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53786

Actions (login required)

View Item View Item