MUHAMMAD RAIHAN AL HAFIZ, . (2025) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN FOCUS GROUP DISCUSSION TERHADAP PEMAHAMAN REGULASI EMOSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (676kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (852kB) | Request a copy |
Abstract
Fenomena individu terjadi di Jambi seorang pelajar SMP di Kota Sarolangun Jambi memutuskan untuk bunuh diri dengan menggantungkan dirinya di kamar. Kejadian tersebut terjadi karena merasa kecewa terhadap orang tuanya, konflik yang sering terjadi di antara orang tua dan anak ditambah dengan pertengakaran yang kerap mewarnai hubungan mereka, membuat siswi tersebut merasa tidak diperhatikan. Akibatnya, untuk mengatasi beban emosional yang begitu berat, siswa tersebut memilih jalan pintas dengan mengakhiri hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh bimbingan kelompok melalui Focus Group Discussion (FGD) terhadap pemahaman regulasi emosi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel diambil menggunakan teknik Purposive Sampling terhadap 160 responden. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif untuk mengukur pengaruh variabel X (Focus Group Discussion) terhadap variabel Y (Regulasi Emosi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik Focus Group Discussion memberikan pengaruh dalam pemahaman mengenai regulasi emosi pada siswa kelas XI di SMA Negeri 44 Jakarta. Hal tersebut ditandai dengan 8 siswa berada pada kategori rendah dan 2 siswa lainnya berada pada kategori tinggi, dapat diketahui bahwa nilai signifikan 0.005 < dari nilai signifikasi 0.05, sehingga menghasilkan hipotesis diterima. Implementasi dari penelitian ini adalah treatment layanan bimbingan kelompok dengan teknik Focus Group Discussion dapat meningkatkan pemahaman regulasi emosi pada siswa kelas XI di SMA Negeri 44 Jakarta. / A phenomenon of individual occurred in Jambi, where a junior high school student in Sarolangun, Jambi, decided to commit suicide by hanging herself in her room. The incident occurred due to feelings of disappointment towards her parents, frequent conflicts between parents and children, and constant arguing that characterized their relationship, making the student feel neglected. As a result, to cope with the overwhelming emotional burden, the student chose to end her life. This study aims to examine the effect of group guidance through Focus Group Discussion (FGD) on emotional regulation understanding. This study employed a quantitative approach with an experimental method. The sample consisted of 160 respondents selected using Purposive Sampling. Data analysis was performed using descriptive statistics to measure the effect of variable X (Focus Group Discussion) on variable Y (Emotional Regulation). The results showed that group guidance with Focus Group Discussion technique had a significant effect on emotional regulation understanding among 11th-grade students at SMA Negeri 44 Jakarta. This was indicated by 8 students being categorized as low and 2 students being categorized as high, with a significant value of 0.005 < 0.05, resulting in the acceptance of the hypothesis. The implementation of this study is that treatment services using group guidance with Focus Group Discussion technique can improve emotional regulation understanding among 11th-grade students at SMA Negeri 44 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Awaluddin Tjalla, M.Pd.; 2). Dewi Justitia, M.Pd., Kons. |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Users 25915 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 02:17 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 02:17 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53822 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |