NAZWA QINTARA, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL FLASHCARD BERBASIS QUIZLET PADA MATA PELAJARAN ANATOMI FISIOLOGI FASE E. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
lampiran dan riwayat hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Program studi Kecantikan dan Spa merupakan program studi yang mempelajari mengenai perawatan tubuh dan rambut. Pada program studi ini siswa akan difokuskan untuk mempelajari mengenai penataan dan perawatan tubuh juga rambut. Salah satu materi yang dipelajari pada program kejuruan ini adalah Anatomi Fisiologi, mata pelajaran ini nantinya akan dijadikan acauan untuk mata pelajaran selanjutnya. Pada pelajara ini banyak digunakan istilah Latin pada materi yang membuat siswa mengalami kesulitan ketika proses belajar. Berdasarkan survey terhadap 28 orang siswa didapatkan hasil bahwa sebanyak 67,9% siswa memilih bahasa Latin sebagai kesulitan ketika proses belajar. Oleh karena itu diperlukan adanya sebuah media belajar yang dapat membantu kesulitan yang dirasakan siswa, hal tersebut dapat dibantu dengan penggunaan digital flashcard. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media digital flashcard berbasis Quizlet untuk mata pelajaran Anatomi Fisiologi.yang layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini akan ditujukan untuk siswa kelas X (sepuluh) program kejuruan Kecantikan dan Spa di SMK Negeri 1 Kemang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media digital flashcard yang dikembangkan layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran Anatomi Fisiologi dengan skor berdasar hasil uji validasi ahli media sebesar dengan skor 100% dan skor uji validasi ahli materi sebesar 96% dengan kategori “sangat layak”. Pada uji praktikalitas terhadap siswa menunjukkan hasil "sangat praktis" dengan skor 91,52%.% pada uji kelompok besar/Field test. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Digital Flashcard, Quizlet, Anatomi Fisiologi ***** The Beauty and Spa study program is a study program that studies about body and hair care. In this study program, students will be focused on learning about body and hair styling and care. One of the materials studied in this vocational program is Anatomy Physiology, this subject will later be used as a reference for further subjects. In this lesson, many Latin terms are used in the material which makes students experience difficulties during the learning process. Based on a survey of 28 students, it was found that 67.9% of students chose Latin as a difficulty during the learning process. Therefore, it is necessary to have a learning media that can help the difficulties felt by students, this can be helped by the use of digital flashcards. The purpose of this research is to develop Quizlet-based digital flashcards for Anatomy and Physiology subjects that are feasible and practical to use as learning media. This research will be aimed at class X (ten) students of the Beauty and Spa vocational program at SMK Negeri 1 Kemang. The method used in this research is Research and Development (R&D) with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The results of the study indicate that the digital flashcard media developed is feasible and practical to use as a learning media for Anatomy Physiology with a score based on the results of the media expert validation test with a score of 100% and a material expert validation test score of 96% with a “very feasible” category. The practicality test for students showed “very practical” results with a score of 91.52% in the large group test / Field test. Keywords: Learning Media, Digital Flashcard, Quizlet, Anatomy Physiology
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nurul Hidayah, M.Pd. ; 2). Titin Supiani, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Tata Rias > Tata Rias (Makeup) |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Nazwa Qintara . |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 02:01 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 02:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53823 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |