KETERLEKATAN SOSIAL DALAM STRATEGI PEMASARAN LAYANAN JASA TITIP BARANG (STUDI: 5 AKUN JASTIP DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM)

SINTA PERMATA, . (2025) KETERLEKATAN SOSIAL DALAM STRATEGI PEMASARAN LAYANAN JASA TITIP BARANG (STUDI: 5 AKUN JASTIP DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (783kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang digunakan oleh setiap akun bisnis layanan jasa titip barang di Instagram sebagai upaya memperluas jangkauan bisnis dalam era ekonomi digital. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana konsep keterlekatan sosial, khususnya dalam analisis hubungan kuat dan lemah, dapat memengaruhi keberlangsungan dan keberhasilan bisnis pada lima akun layanan jasa titip barang di Instagram. Dengan menggunakan lima akun tersebut sebagai studi kasus, penelitian ini mengeksplorasi strategi pemasaran yang aktif dilakukan serta peran keterlekatan sosial dalam membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari lima informan utama sebagai pemilik akun bisnis layanan jasa titip barang di Instagram, dan terdapat dua informan yang menggunakan dua metode berbelanja yaitu melalui jastip dan membeli langsung ke toko untuk mendukung penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung terhadap beberapa informan dan melakukan wawancara secara daring. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 hingga April 2024. Untuk analisis data, peneliti mengikuti model analisis data dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Data temuan penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori Keterlekatan dari Granovetter. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterlekatan sosial, baik melalui interaksi di media sosial Instagram maupun hubungan langsung antara pemilik akun bisnis dan pelanggan, berperan signifikan dalam membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Strategi pemasaran berbasis keterlekatan sosial, seperti respons cepat terhadap komentar, transparansi dalam proses impor, dan penggunaan fitur interaktif di Instagram, terbukti efektif meningkatkan kepercayaan pelanggan. Penelitian ini juga mengungkap bahwa hubungan sosial yang kuat mempermudah pelanggan untuk memberikan rekomendasi dan testimoni positif secara sukarela, sehingga memperluas jangkauan bisnis. Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang mengutamakan keterlekatan sosial dapat mendukung keberlangsungan dan pengembangan bisnis jasa titip barang di era digital. ***** This research aims to analyze the marketing strategies used by each business account on Instagram as an effort to expand business reach in the digital economy era. In addition, this research also aims to describe the extent to which the concept of social embeddedness, particularly in the analysis of strong and weak relationships, can influence the sustainability and success of the businesses on the five dariop-off service accounts on Instagram. Using the five accounts as case studies, this research explores the active marketing strategies and the role of social embeddedness in building customer trust and loyalty. This research methodology uses a qualitative approach with a case study method. Data were collected through in-depth interviews, observation, and documentation. The subjects in this study consisted of five main informants as business account owners of entrusted goods service on Instagram, and there were two informants who used two shopping methods, namely through jastip and buying directly to the store to support this research. Data collection was carried out by direct interviews with several informants and conducting online interviews. This research was conducted from October 2023 to April 2024. For data analysis, researchers followed Miles and Huberman's data analysis model which consists of data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing and verification. The data found in this study were analyzed using Granovetter's theory of embeddedness. The findings of this study indicate that social embeddedness, both through interactions on Instagram social media and direct relationships between business account owners and customers, plays a significant role in building customer trust and loyalty. Social embeddedness-based marketing strategies, such as quick responses to comments, transparency in the import process, and the use of interactive features on Instagram, proved effective in increasing customer trust. The research also revealed that strong social relationships make it easier for customers to voluntarily provide positive recommendations and testimonials, thus expanding the reach of the business. Overall, the findings suggest that marketing strategies that prioritize social embeddedness can support the sustainability and development of a drop-off service business in the digital age.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Evy Clara, M.Si. ; 2). Dr. Rusfadia Saktiyanti Jahja, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 26248 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2025 02:12
Last Modified: 28 Feb 2025 02:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53842

Actions (login required)

View Item View Item