FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KAMPANYE #BIJAKKELOLASAMPAH PADA INSTAGRAM @WASTE4CHANGE DALAM PROGRAM SEND YOUR WASTE TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN

LILLA SESLIYA IFADAH, . (2024) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KAMPANYE #BIJAKKELOLASAMPAH PADA INSTAGRAM @WASTE4CHANGE DALAM PROGRAM SEND YOUR WASTE TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penumpukan sampah di Indonesia masih menjadi permasalahan serius peningkatan timbunan sampah semakin bertambah, sementara pengelolaan sampah di Indonesia masih terbilang rendah. Oleh karena itu, akun Instagram @waste4change hadir dengan menggaungkan sebuah kampanye terkait isu lingkungan melalui program Send Your Waste. Dengan demikian, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kampanye #BijakKelolaSampah pada Instagram @waste4change dalam program Send Your Waste terhadap sikap peduli lingkungan. Pada penelitian ini menggunakan teori integrasi informasi oleh Martin Fishbein. Teori ini berasumsi sebuah informasi dapat mendorong sikap dan menghasilkan tindakan. Penelitian ini memiliki enam dimensi pada variabel kampanye, yaitu: goals, objectives, strategies, tactics, climbing toward the goal: the strategic planning ladder, dan initiating the planning process, sedangkan variabel sikap mencakup tiga dimensi, yaitu: effortful, relatively enduring, dan require a dimension of judgment. Dalam penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei berupa kuesioner Google Form. Populasi dalam penelitian ini adalah followers yang menyukai konten di unggahan akun Instagram @waste4change 6 Februari 2023. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling dengan kriteria responden, yaitu: sudah mengikuti dan menyukai konten yang diteliti. Metode pengolahan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan distribusi frekuensi untuk analisis univariat dan factor analysis untuk bivariat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang paling mempengaruhi kampanye #BijakKelolaSampah pada Instagram @waste4change dalam program Send Your Waste terhadap sikap peduli lingkungan adalah faktor initiating the planning process. Responden menyadari bahwa kampanye #BijakKelolaSampah dalam program Send Your Waste disampaikan dengan jelas atas permasalahan mengenai penimbunan sampah karena tidak terkelolanya sampah dengan baik. Hal ini didasari oleh perolehan nilai factor loadings terbesar yakni dimensi initiating the planning process. Adapun sikap peduli lingkungan followers yang signifikan di aspek effortful. Followers menunjukkan reaksi positif terhadap isu terkait kepedulian terhadap lingkungan yang mendorong untuk bijak memilah sampah. Penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh faktor memiliki peranan. Peranan paling besar dari faktor lainnya terdapat pada faktor initiating the planning process. Faktor initiating the planning process menjadi faktor yang paling mempengaruhi sikap peduli lingkungan. Hal ini menyatakan bahwa kampanye #BijakKelolaSampah pada Instagram @waste4change dalam program Send Your Waste mampu membentuk sikap peduli lingkungan. ***** The accumulation of waste in Indonesia is still a serious problem the increase in waste deposits is increasing, while waste management in Indonesia is still relatively low. Therefore, the Instagram account @waste4change comes by echoing a campaign related to environmental issues through the Send Your Waste program. This study was conducted with the aim of knowing the factors that influence the #BijakKelolaSampah campaign on Instagram @waste4change in the Send Your Waste program on environmental care attitudes. This study uses the theory of information integration by Martin Fishbein. This theory assumes that information can drive attitudes and produce actions. This study has six dimensions on campaign variables, including: goals, objectives, strategies, tactics, climbing toward the goal: the strategic planning ladder, and initiating the planning process, while attitude variables include three dimensions, including: effortful, relatively enduring, and require a dimension of judgment. In this study using the paradigm of positivism and quantitative approach. The research method used is a survey method in the form of Google Form questionnaires. The population in this study is followers who like the content on the Instagram account @waste4change upload February 6, 2023. Sampling technique in this study is to use purposive sampling with the criteria of respondents, namely: have followed and liked the content studied. The method of data processing in this study is to use the frequency distribution for univariate analysis and factor analysis for bivariate. The results of this research show that the factor that most influences the #BijakKelolaSampah campaign on Instagram @waste4change in the Send Your Waste program towards environmental care is the factor initiating the planning process. Respondents realized that the #BijakKelolaSampah campaign in the Send Your Waste program was clearly conveyed regarding the problem of waste hoarding due to waste not being managed properly. This is based on obtaining the largest factor loadings value, namely the initiating the planning process dimension. As for followers' environmental concern, which is significant in the full business aspect, followers show positive reactions to issues related to environmental concern, which encourages them to be wise in sorting waste. This research shows that all factors have a role, and the biggest role of the other factors is in the initiating the planning process factor. Initiating the planning process factor is the factor that most influences environmental care attitudes. This states that the #BijakKelolaSampah campaign on Instagram @waste4change in the Send Your Waste program is able to form an attitude of caring for the environment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Kinkin Yuliaty SP, M.Si. ; 2). Nada Arina Romli, M.I.Kom.
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 26753 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2025 02:30
Last Modified: 28 Feb 2025 02:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53888

Actions (login required)

View Item View Item