SJALWA FARIDA, . (2025) ANALISIS SIKAP DAN KETERAMPILAN SISWA DALAM PENGETAHUAN MENGELOLA LINGKUNGAN DI SMKN 4 TANGERANG SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (473kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan lingkungan merupakan salah satu pendekatan yang diharapkan membawa solusi untuk perbaikan lingkungan yang ada di sekitar. SMKN 4 Tangerang Selatan yang menjadi tempat penelitian ini juga telah mengembangkan pengetahuan akan pengelolaan lingkungan dengan ekskul lingkungan hidup. Ekskul yang ada di sekolah ini bernama ekskul laskar hijau yang bertujuan untuk membentuk sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Dengan adanya ekskul ini juga membantu siswanya memiliki sikap yang peduli terhadap lingkungan juga menambah keterampilan dalam mengolah sampah yang ada. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis yang dilakukan diawali dengan tahap pengumpulan data primer dan sekunder hingga tahap akhir yaitu tahap analisis dan penafsiran data yang telah diolah. Pada tahap pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket yang berupa pernyataan dengan jumlah responden 50 siswa. Terdapat 62 butir pernyataan yang diujikan dan terbagi ke dalam tiga variabel. Dari ketiga variabel, variabel yang paling baik yaitu variabel pengetahuan mengelola lingkungan. Variabel yang digunakan sudah di uji validitas dan reliabilitasnya. Untuk variabel sikap masuk kedalam kategori sangat baik dengan memperoleh nilai 82,7% selanjutnya keterampilan juga masuk kedalam kategori sangat baik dengan 85,4% dan terakhir pengetahuan mengelola lingkungan masuk kedalam kriteria sangat baik pula dengan skor 91,4%. Untuk hasil kuesioner didapatkan kesimpulan bahwa sikap dan keterampilan dapat memengaruhi secara positif dan signifikan terhadap pengetahuan mengelola lingkungan hidup baik secara parsial dengan ditunjukan oleh nilai thitung nya lebih besar daripada t tabel maupun secara simultan yang ditunjukan dengan Fhitung lebih besar daripada Ftabel. Variabel yang paling dominan dalam memengaruhi pengetahuan mengelola lingkungan yaitu variabel sikap. *****Environmental education is one approach that is expected to bring solutions to improve the environment around it. SMKN 4 Tangerang Selatan, which is the location of this research, has also developed knowledge of environmental management with environmental extracurricular activities. The extracurricular activities in this school are called the Green Troops extracurricular activities which aim to form a school that cares about and has an environmental culture. With this extracurricular activity, it also helps students to have an attitude that cares about the environment and also increases their skills in processing existing waste. The data analysis technique uses descriptive analysis with a quantitative approach. The analysis carried out begins with the stage of collecting primary and secondary data until the final stage, namely the stage of analyzing and interpreting the data that has been processed. At the data collection stage, a questionnaire/survey method was used in the form of statements with 50 students as respondents. There are 62 statements tested and divided into three variables. Of the three variables, the best variable is the variable of knowledge of managing the environment. The variables used have been tested for validity and reliability. For the attitude variable, it is included in the very good category with a score of 82.7%, then skills are also included in the very good category with 85.4% and finally knowledge of managing the environment is also included in the very good criteria with a score of 91.4%. For the results of the questionnaire, it was concluded that attitudes and skills can have a positive and significant influence on knowledge of managing the environment, both partially as indicated by the t-value being greater than the t-table and simultaneously as indicated by the F-count being greater than the F-table. The most dominant variable in influencing knowledge of managing the environment is the attitude variable.*
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Henita Rahmayanti, M.Si. ; 2). Anisah, M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Lingkungan, Teknik Sanitasi |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Users 27077 not found. |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 06:50 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 06:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53894 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |