MENINGKATKAN KOSAKATA SISWA TUNARUNGU MELALUI MEDIA FLASHCARD ISYARAT DI KELAS V SLB NEGERI 02 JAKARTA

VARREL ALIFIA MAHARANI ERILDA, . (2025) MENINGKATKAN KOSAKATA SISWA TUNARUNGU MELALUI MEDIA FLASHCARD ISYARAT DI KELAS V SLB NEGERI 02 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (846kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (250kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata hewan pada siswa tunarungu kategori sedang di kelas V Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 02 Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian sebanyak 4 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes kinerja. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penguasaan kosakata hewan pada siswa, terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari tahap kemampuan awal rata-rata sebesar 30,5 menjadi 78 pada siklus I, dan menjadi 89 pada siklus II. Secara kualitatif, peningkatan ini terlihat dari perubahan sikap dan perilaku siswa yang awalnya kurang percaya diri dan membutuhkan banyak bimbingan, menjadi lebih aktif, percaya diri, dan lancar dalam menunjukkan gambar, menyebutkan nama serta memperagakan isyarat hewan. Dengan peningkatan ini, media flashcard terbukti efektif digunakan sebagai alat pembelajaran untuk meningkatkan kosakata dan pemahaman konsep hewan pada siswa tunarungu kategori sedang di kelas V. ***** This research aims to increase the understanding of animals in moderate category deaf students in class V of the Special School (SLB) Negeri 02 South Jakarta. The method used in this research is Classroom Action Research (PTK), with research subjects of 4 students. The research was conducted in two cycles using data collection techniques in the form of observation, field notes, documentation and performance tests. The data analysis used in this research is quantitative and qualitative. The results of the research show an increase in students' mastery of animal language skills in students, as seen from the increase in student learning outcomes from the initial ability stage, an average of 30.5 to 78 in cycle I, and to 89 in cycle II. Qualitatively, this improvement can be seen from changes in the attitudes and behavior of students who initially lacked confidence and needed a lot of guidance, becoming more active, confident and fluent in displaying pictures, saying names and demonstrating animal signs. With this improvement, flashcard media has proven to be effective in being used as a learning tool to improve comprehension and comprehension of animal concepts in moderate category deaf students in class V.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Indina Tarjiah, M.Pd.; 2). Leliana Lianty, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 26900 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2025 06:01
Last Modified: 28 Feb 2025 06:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53935

Actions (login required)

View Item View Item