PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN RECORDER SOPRAN DENGAN METODE LATIHAN PADA SISWA KELAS X SMAN 1 KABUPATEN TANGERANG

ELIAN PRISTIN MARDIANA, . (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN RECORDER SOPRAN DENGAN METODE LATIHAN PADA SISWA KELAS X SMAN 1 KABUPATEN TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I revisi.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Rev UJIAN 200220.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V REV UJIAN 200220.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa bermain recorder sopran dengan menggunakan metode latihan bagi siswa kelas X MIA 1 SMAN 1 Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-April 2019 di SMAN 1 Kabupaten Tangerang. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 SMAN 1 Kabupaten Tangerang, berjumlah 37 orang Desain penelitian menggunakan model spiral Kemmis dan Tagart dalam 2 siklus yang membagi kegiatan penelitian dalam (a) perencanaan (planning), (b) tindakan (action), (c) pengamatan (observing), dan (d) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode latihan dalam bermain recorder sopran menggunakan metode latihan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam bermain recorder siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Kabupaten Tangerang tahun ajaran 2018-2019. Pada siklus I dan II diperoleh data bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 74,7 daya serap sebesar 74,7%, dan ketuntasan belajar sebesar 72,9 . Pada siklus II nilai rata-rata 85,6 , daya serap 85,6%, dan ketuntasan belajar siswa 100%. Angka ketuntasan belajar siswa telah memenuhi batas minimal ketuntasan belajar standar KKM di SMA Negeri 1 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa bermain recorder sopran dengan menggunakan metode latihan bagi siswa kelas X MIA 1 SMAN 1 Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-April 2019 di SMAN 1 Kabupaten Tangerang. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 SMAN 1 Kabupaten Tangerang, berjumlah 37 orang Desain penelitian menggunakan model spiral Kemmis dan Tagart dalam 2 siklus yang membagi kegiatan penelitian dalam (a) perencanaan (planning), (b) tindakan (action), (c) pengamatan (observing), dan (d) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode latihan dalam bermain recorder sopran menggunakan metode latihan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam bermain recorder siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Kabupaten Tangerang tahun ajaran 2018-2019. Pada siklus I dan II diperoleh data bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 74,7 daya serap sebesar 74,7%, dan ketuntasan belajar sebesar 72,9 . Pada siklus II nilai rata-rata 85,6 , daya serap 85,6%, dan ketuntasan belajar siswa 100%. Angka ketuntasan belajar siswa telah memenuhi batas minimal ketuntasan belajar standar KKM di SMA Negeri 1 Kabupaten Tangerang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dr. Dian Herdiati, M.Pd 2.) Didin Supriadi, S.Sen, M.Pd
Subjects: Seni Musik > Jenis, Aliran Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 1564 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2020 15:47
Last Modified: 11 Mar 2020 15:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5400

Actions (login required)

View Item View Item