PENGAPLIKASIAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR ARSITEKTUR DI SMK NEGERI 1 DAN SMK NEGERI 35 JAKARTA

PITA SEKAR PURI, . (2025) PENGAPLIKASIAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR ARSITEKTUR DI SMK NEGERI 1 DAN SMK NEGERI 35 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran serta hambatan yang dialami guru dalam mengaplikasikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian yang dilakukan oleh guru pada mata pelajaran menggambar arsitektur di SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 35 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) perencanaan yang disiapkan oleh guru berupa modul ajar, sumber belajar, LKPD, alat dan bahan, dan perangkat penilaian sudah terlaksana dengan baik, hanya saja sintaks model pembelajaran PjBL yang dibuat kurang sesuai. 2) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru terbagi menjadi tiga tahap yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Pada kegiatan pendahuluan perlu ditingkatkan lagi dengan memberikan motivasi kepada siswa Kegiatan inti terdiri dari 6 fase, yaitu fase 1 memberikan pertanyaan mendasar, fase 2 merencanakan proyek, fase 3 menentukan waktu penyelesaian proyek, fase 4 memonitor perkembangan proyek, fase 5 menilai proyek, dan fase 6 evaluasi kegiatan. Fase 1, 3, 4, 5, dan 6 belum terlaksana secara optimal sedangkan fase 2 sudah berjalan dengan baik. Pada kegiatan penutup, dapat dioptimalkan dengan pemberian kesimpulan pembelajaran, saran, dan informasi mengenai pertemuan yang akan datang. 3) Penilaian yang dilakukan hanya terfokus pada penilaian psikomotorik dan kognitif. *****This research aims to describe the overview and obstacles faced by teachers in applying the Project Based Learning (PjBL) model from the aspects of planning, implementation, and assessment carried out by teachers in the subject of architectural drawing at SMK Negeri 1 and SMK Negeri 35 Jakarta. This research uses a qualitative method with a phenomenological approach through techniques such as interviews, observations, and documentation studies. The research results show that 1) the planning prepared by the teacher in the form of teaching modules, learning resources, student worksheets, tools and materials, and assessment devices has been well implemented, but the syntax of the PjBL learning model created is somewhat inadequate. 2) The implementation of teaching carried out by the teacher is divided into three stages: introduction, core, and closing. In the introductory activities, it is necessary to further enhance them by providing motivation to the students. The core activities consist of 6 phases, namely phase 1 providing fundamental questions, phase 2 planning the project, phase 3 determining the project completion time, phase 4 monitoring project progress, phase 5 assessing the project, and phase 6 evaluating the activities. Phases 1, 3, 4, 5, and 6 have not been implemented optimally, whereas phase 2 has been running well. In the closing activities, it can be optimized by providing learning conclusions, suggestions, and information regarding the upcoming meetings. 3) The assessment conducted is only focused on psychomotor and cognitive evaluations.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). R. Eka Murtinugraha, M. Pd. ; 2). Dr. Riyan Arthur, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 27032 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2025 03:13
Last Modified: 03 Mar 2025 03:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54032

Actions (login required)

View Item View Item