MUHAMMAD ARIF, . (2025) EFEKTIVIAS GERAKAN LITERASI SEKOLAH BAGI MINAT BACA SISWA SMP NEGERI 242 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER_Muhammad Arif_1407620079_Skripsi.pdf Download (741kB) |
![]() |
Text
BAB 1_Muhammad Arif_1407620079_Skripsi.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
BAB 2_Muhammad Arif_1407620079_Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3_Muhammad Arif_1407620079_Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4_Muhammad Arif_1407620079_Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5_Muhammad Arif_1407620079_Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_Muhammad Arif_1407620079_Skripsi.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
Lampiran_Muhammad Arif_1407620079_Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Gerakan Literasi Sekolah Bagi Minat Baca Siswa SMP Negeri 242 Jakarta berjalan efektif atau tidak serta untuk mengetahui kendala yang terjadi pada pelaksanaan gerakan literasi sekolah ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 242 Jakarta yang berjumlah 750 siswa. Teknik penentuan subjek menggunakan Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 75 responden yang mengacu pada pedoman Arikunto. Berdasarkan analisa data yang sudah dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketercapaian pelaksanaan gerakan literasi sekolah memiliki presentase tertinggi sebesar 48% yang terdapat pada kategori sedang. Sementara pada minat baca memiliki presentase tertinggi sebesar 76% yang terdapat pada kategori tinggi menunjukkan bahwa siswa memiliki minat baca yang tinggi. Berdasarkan hal tersebut maka gerakan literasi sekolah efektif bagi minat baca siswa SMP Negeri 242 Jakarta. Adapun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah yaitu indikator sekolah memiliki poster kampanye membaca belum tercapai dan sekolah belum melibatkan publik untuk mengembangkan program, serta kurangnya kesadaran beberapa siswa untuk mengikuti kegiatan literasi. ***** This research aims to find out whether the School Literacy Movement for Students' Interest in Reading at SMP Negeri 242 Jakarta is running effectively or not and to find out the obstacles that occur in the implementation of this school literacy movement. The method used in this research is descriptive with a quantitative approach. Data collection techniques through observation, questionnaires, interviews and documentation studies. The population in this study were all students at SMP Negeri 242 Jakarta, totaling 750 students. The subject determination technique uses Simple Random Sampling. The sample in this study was 75 respondents who referred to the Arikunto guidelines. Based on the data analysis that has been carried out, the results of this research show that the achievement of implementing the school literacy movement has the highest percentage of 48% which is in the medium category. Meanwhile, interest in reading has the highest percentage of 76%, which is in the high category, indicating that students have a high interest in reading. Based on this, the school literacy movement is effective for students' interest in reading at SMP Negeri 242 Jakarta. The obstacles faced in implementing the school literacy movement are that the indicators of the school having reading campaign posters have not been achieved and the school has not involved the public to develop the program, as well as the lack of awareness of some students to take part in literacy activities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr Desy Safitri, M.Si. ; 2). Saipiatuddin, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan IPS |
Depositing User: | Users 27156 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 01:41 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 01:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54109 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |