AMALIA PRIYANTI, . (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KRAMAT PELA 07. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (908kB) |
![]() |
Text
BAB I SKRIPSI.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN+PROFILE_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai Peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui model pembelajaran tipe Make a Match pada peserta didik kelas V SD Negeri Kramat Pela 07. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam Penelitian ini yang menjadi Subjek Penelitian adalah peserta didik kelas V di SD Negeri Kramat Pela 07, dengan jumlah 23 anak yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 14 siswa Perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis pada tiap tahap refleksi, melibatkan informasi berupa jawaban terstandarisasi dari angket yang mengevaluasi peningkatan hasil belajar siswa pada akhir setiap siklus, serta hasil dari instrumen pemantau tindakan yang diisi selama proses pembelajaran dan pencatatan lapangan. Indikator keberhasilan terjadinya peningkatan nilai dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sudah mencapai 90% dari jumlah siswa kelas V dengan nilai ≥72 sesuai dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Adapun keberhasilan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Make a Match dapat dilihat aktivitas guru dan peserta didik minimal 90% menggunakan model tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Kramat Pela 07. Hal ini dibuktikan dengan melalui peningkatan nilai rata-rata siswa dari pra-tindakan hingga siklus III. Pada pra-tindakan, nilai rata-rata siswa adalah 66,30 dengan 6 siswa (26,08%) mencapai KKTP. Setelah tindakan siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 77,82 dengan 16 siswa (69,56%) mencapai KKTP. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 81,95 dengan 20 siswa (86,95%) mencapai KKTP. Pada akhir siklus III, nilai rata-rata mencapai 85,86 dengan 22 siswa (95,65%) mencapai KKTP. (*****) This study aims to obtain empirical data regarding the improvement of science learning outcomes through the Make a Match learning model among fifth-grade students of SD Negeri Kramat Pela 07. The research employed the Classroom Action Research (CAR) method. The subjects of this study were 23 fifth-grade students at SD Negeri Kramat Pela 07, consisting of 9 male and 14 female students. Data collection techniques included tests, observation, and documentation. The research instruments comprised test questions and observation sheets. Data analysis techniques involved reflection analysis at each stage, utilizing standardized questionnaire responses to evaluate students' learning outcome improvements at the end of each cycle, as well as results from monitoring instruments filled out during the learning process and field notes. The success indicator was defined as 90% of the fifth-grade students achieving a score of ≥72, in accordance with the Achievement Criteria for Learning Objectives (KKTP). Additionally, the success of the learning activities using the Make a Match model was assessed based on a minimum of 90% teacher and student engagement with the model. The results indicate that the implementation of the Make a Match learning model was effective in improving science learning outcomes among fifth-grade students of SD Negeri Kramat Pela 07. This is evidenced by an increase in the students’ average scores from the pre-action phase to the third cycle. In the pre-action phase, the average score was 66.30, with 6 students (26.08%) meeting the KKTP. After the first cycle, the average score increased to 77.82, with 16 students (69.56%) meeting the KKTP. In the second cycle, the average score rose to 81.95, with 20 students (86.95%)meeting the KKTP. By the end of the third cycle, the average score reached 85.86, with 22 students (95.65%) meeting the KKTP.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Endang Wahyudiana, M. Pd; 2). Dr. Nina Nurhasanah, M. Pd |
Subjects: | Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 26807 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 03:28 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 03:28 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54179 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |