PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANAK KEPADA ORANG TUA MENGENAI ACADEMIC SELF DISCLOSURE TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKADEMIK MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2021-2023

MUHAMMAD ALFIAN ARYADI, . (2024) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANAK KEPADA ORANG TUA MENGENAI ACADEMIC SELF DISCLOSURE TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKADEMIK MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2021-2023. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (874kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Untuk memperoleh hasil atau prestasi akademik yang baik, seorang mahasiswa tidak hanya perlu untuk menjalin komunikasi yang baik dengan dosen dan mahasiswa lainnya. Seorang mahasiswa juga perlu untuk dapat menjalin komunikasi interpersonal yang baik dengan orang tua. Academic self disclosure sendiri dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk dapat menyatakan informasi atau mengungkapkan kegiatan atau proses akademik yang sedang dijalankan dan salah satunya adalah menyampaikan capaian indeks prestasi semester yang diraihnya. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori pengungkapan diri atau self disclosure theory yang dikemukakan oleh Sidney Marshall Jourard. Variabel bebas atau variabel independen yang terdapat dalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal yang memiliki total enam dimensi dan 17 indikator. Sedangkan variabel terikat atau variabel dependen yang terdapat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar yang memiliki total tiga dimensi dan 17 indikator. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi yang terdapat dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta sejumlah 386 sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 196 mahasiswa dengan teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariate dan analisis bivariate. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dimensi etika merupakan dimensi yang memberikan pengaruh paling besar dengan nilai rata-rata atau mean tertinggi. Pada variabel prestasi belajar, dimensi domain afektif menjadi dimensi dengan nilai rata-rata atau mean tertinggi. Berdasarkan uji normalitas dan linearitas, data yang terdapat dalam penelitian terdistribusi secara normal dan memiliki hubungan yang linear satu sama lain. Adapun nilai koefisien regresi yang diperoleh memiliki pengaruh yang positif dan termasuk dalam kategori yang kuat. Selain itu, berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti komunikasi interpersonal anak dengan orang tua dalam menyampaikan capaian indeks prestasi semester (IPS) berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2021-2023. Dalam penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal anak kepada orang tua mengenai academic self disclosure memberikan pengaruh yang kuat terhadap prestasi belajar akademik pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta. Adapun saran dari peneliti kepada mahasiswa adalah untuk mempertahankan komunikasi interpersonal yang baik diantara anak kepada orang tua serta memahami lebih dalam lagi pentingnya komunikasi interpersonal yang efektif dan transparan dengan orang tua. ***** To obtain good academic results or achievements, a student not only needs to establish good communication with lecturers and other students. A student also needs to be able to establish good interpersonal communication with parents. Academic self disclosure itself can be interpreted as a person's ability to be able to state information or reveal academic activities or processes that are being carried out and one of them is conveying the semester achievement index achieved. The theory used in this research is self-disclosure theory or self disclosure theory presented by Sidney Marshall Jourard. The independent variable or independent variable contained in this research is interpersonal communication which has a total of six dimensions and 17 indicators. Meanwhile, the dependent variable or dependent variable contained in this research is learning achievement which has a total of three dimensions and 17 indicators. The paradigm used in this research is the positivism paradigm with a descriptive quantitative approach. The method used in this research is the survey method. The population in this study were 386 students of Communication Sciences at Universitas Negeri Jakarta, while the sample taken in this study was 196 students with a sampling technique using purposive sampling. The data analysis used in this research is analysis univariate and analysis bivariate. The research results obtained show that the ethical dimension is the dimension that has the greatest influence with an average value or mean highest. In the learning achievement variable, the affective domain dimension is the dimension with an average value or mean highest. Based on normality and linearity tests, the data contained in the research are normally distributed and have a linear relationship with each other. The regression coefficient value obtained has a positive influence and is included in the strong category. Apart from that, based on the results of the hypothesis test, it can be seen that H0 is rejected and Ha is accepted, which means that children's interpersonal communication with their parents in conveying their semester achievement index (IPS) achievements has an influence on the learning achievement of Communication Science students at Universitas Negeri Jakarta Class 2021-2023. In the research that has been carried out, it can be concluded that children's interpersonal communication with their parents is related to academic self disclosure has a strong influence on the academic learning achievement of Communication Science students at Universitas Negeri Jakarta. The advice from researchers to students is to maintain good interpersonal communication between children and their parents and understand more deeply the importance of effective and transparent interpersonal communication with parents.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dini Safitri, M.Si. ; 2). Dr. Kinkin Yuliaty SP, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhammad Alfian Aryadi .
Date Deposited: 03 Mar 2025 03:03
Last Modified: 03 Mar 2025 03:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54185

Actions (login required)

View Item View Item