PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU PEMILIHAN KOSMETIK PERAWATAN KULIT WAJAH SEHARI–HARI (STUDI PADA SISWI PUTRI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TANGERANG JURUSAN MANAJEMEN PERKANTORAN)

DELLA ALEYDA NOOR, . (2024) PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU PEMILIHAN KOSMETIK PERAWATAN KULIT WAJAH SEHARI–HARI (STUDI PADA SISWI PUTRI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TANGERANG JURUSAN MANAJEMEN PERKANTORAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.pdf

Download (158kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text
7.pdf

Download (214kB)
[img] Text
8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan sosial memiliki pengaruh yang penting dalam perilaku individu di dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya perilaku seorang siswi putri dalam memilih kosmetika perawatan kulit wajah sehari–hari bagi kondisi kulit mereka. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Pemilihan Kosmetik Perawatan Kulit Wajah Sehari-Hari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif dengan desain Deskriptif Analitis, dengan metode penelitian yang digunakan adalah Cross-Sectional. Sampel pada penelitian ini adalah 30 siswi putri berusia 17-18 dengan Jurusan Manajemen Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Tangerang. Uji normalitas yang dilakukan pada data primer menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0,200 atau lebih besar dari > 0,05 yang berarti data terdistribusi normal. Lalu, pada uji linearitas didapatkan nilai signifikansi deviasi sebesar 0,157 yang berarti lebih besar dari 0,05. Dengan tingkat signifikansi sebesar 0,046 atau lebih kecil dari < 0,050 yang artinya data yang diperoleh berpola linear. Hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan ditunjukkan pada nilai R Square (Koefisien Determinasi) sebesar 13,5%. Serta uji hipotesis dengan uji t dengan nilai signifikansi sebesar 0,046. Hal ini membuktikan adanya pengaruh yang kuat dari Lingkungan Sosial Sekunder yaitu Komunitas. Sehingga dapat disimpulkan H0 (Hipotesis Nol) ditolak dan Ha (Hipotesis Alternatif) diterima, karena menunjukkan adanya pengaruh dari Lingkungan Sosial dengan Perilaku Pemilihan Kosmetik Perawatan Kulit Wajah Sehari–Hari. Kata Kunci: Lingkungan Sosial, Perilaku Pemilihan, Kosmetika Sehari–Hari, Perawatan Kulit Wajah. ***** The social environment has an important influence on individual behaviour in everyday life, one of which is the behaviour of a female student in choosing daily facial skin care cosmetics for their skin condition. This study was conducted to know whether the social environment influences the selection behaviour of daily facial skin care cosmetics. This study uses quantitative research with an analytical descriptive design, with the research method used being cross-sectional. The sample in this study was 30 female students aged 17-18 with the Office Management Department of SMK Muhammadiyah 1 Tangerang. The normality test was carried out on primary data using the Kolmogorov-Smirnov formula with a significance value of 0.200 or greater than> 0.05, which means that the data is normally distributed. Then, the linearity test obtained a deviation significance value of 0.157 which means greater than 0.05. With a significance level of 0.046 or smaller than <0.050, which means that the data obtained is linearly patterned. The results of hypothesis testing that have been carried out are shown in the R Square value (Coefficient of Determination) of 13.5%. As well as hypothesis testing with the t-test with a significance value of 0.046. This proves the strong influence of the Secondary Social Environment, namely the Community. So it can be concluded that H0 (Null Hypothesis) is rejected and Ha (Alternative Hypothesis) is accepted because it shows the influence of the Social Environment on Daily Facial Skin Care Cosmetics Selection Behaviour. Keywords: Social Environment, Selection Behaviour, Daily Cosmetics, Facial Skin Care.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). dr. Elvyra Yulia, Sp. Ak. ; 2). Dra. Lilis Jubaedah, M.Kes.
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > D IV Kosmetik dan Perawatan Kecantikan
Depositing User: Della Aleyda Noor .
Date Deposited: 03 Mar 2025 05:53
Last Modified: 03 Mar 2025 05:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54197

Actions (login required)

View Item View Item