ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS 5 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PECAHAN BERDASARKAN TEORI NEWMAN DI SDN JATINEGARA 15 PAGI

ASTY FITRIANI, . (2025) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS 5 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PECAHAN BERDASARKAN TEORI NEWMAN DI SDN JATINEGARA 15 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File COVER.pdf

Download (792kB)
[img] Text
File BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Text
File BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
File BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
File DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB)
[img] Text
File LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Setiap Jenjang pendidikan, matematika menjadi salah satu mata pelajaran pokok. Pembelajaran matematika berfokus pada pemhaman konsep matematika, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berkomunikasi gagasan matematika, dan pembentukan sikap matematika dalam kehisupan sehari-hari. Banyak masalah yang dapat diatasi dengan cepat dan sederhana dengan menguraikan masalah-masalah tersebut ke dalam model matematika. Soal cerita adalah cara untuk melatih kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah. Tidak semua soal cerita berbentuk masalah tetapi menyediakan masalah matematika yang reprensif dapat membantu peserta didik belajar berpikir logis dan kritis. Namun pada kenyataannya, tidak sedikit peserta didik mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita dikarenakan metode pembelajaran yang kurang tepat, keterbatasan media belajar, dan kurang pembiasaan dalam menyelesaikan soal cerita. Dari banyaknya kesalahan peserta didik dalam mengerjakan soal cerita, maka perlu ditunjukkan dengan bantuan diagnotic sederhana berupa Teori Newman. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menganalisis kesalahan peserta didik berdasarkan Teori Newman dan mengetahui faktor penyebab terjadi serta solusinya. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas 5-B dengan jumlah peserta didik 29 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan wawancara. Kemudian data dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik kelas V-B adalah kesalahan memahami (75,57%), kesalahan transformasi (3,16%), kesalahan keterampilan proses (7,47%), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (100%). Faktor penyebab terjadinya kesalahan adalah peserta didik kurang memahami cara menyelesaikan soal yang berbentuk cerita, terburu-buru dalam mengerjakan soal, kurang teliti dalam mengerjakan soal, dan lupa menuliskan kesimpulan. Solusinya adalah membangun minat membaca peserta didik, guru mambantu peserta didik menyederhanakan kata dan melatih peserta didik dengan soal cerita secara intensif ***** At every level of education, mathematics is one of the main subjects. Mathematics learning focuses on understanding mathematical concepts, the ability to solve problems, the ability to communicate mathematical ideas, and the formation of mathematical attitudes in everyday life, Many problems can be solved quickly and simply by devomposing them into models. Story problems are a way to train students abilities in solving problems. Not all word problems can help students learn to think logically dan sritically. However, in reality quite a few students experience errors in solving story problems due to inappropriate learning methods, limited learning media, and lack of habit in solving story problems. Of the many mistakes students make in working on story problems, it is necessary to show them with the help of a simple diagnotic in the form of Newman's Theory. This research method use a qualitive descriptive method. The reserach subjects werw class 5-B sudents with a total of 29 students. Data collection techniques use observation, test, and interviews. Then the data was analyzed descriptively. Based on the research results, it is know that the types of errors made by class 5-B sudnets werw understanding errors(75,57%), transformation errors (3,16%), procces skill (7,47%), and errors in writing final answers (100%). Factos that cause errors are that students do not ubdestand how to solve qustions in the form of stories, are in a hurry to do the assigment, are not careful in doing the qustions, and forget to write conclusions. The solution is to build students' interest in reading, teachers hel students simplify words, and train students with story problems intensively

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Chrisnaji Banindra Yudha, M. Pd.; 2). Yofita Sari, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 27025 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2025 03:37
Last Modified: 03 Mar 2025 03:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54207

Actions (login required)

View Item View Item