KOMUNIKASI PEMASARAN MITRA SRC (SAMPOERNA RETAIL COMMUNITY) DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PADA PENERAPAN IKLAN OLEH MITRA SRC DI KECAMATAN JATILAWANG DAN KECAMATAN WANGON, KABUPATEN BANYUMAS, PROVINSI JAWA TENGAH)

DYAH SETIOWATI, . (2024) KOMUNIKASI PEMASARAN MITRA SRC (SAMPOERNA RETAIL COMMUNITY) DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PADA PENERAPAN IKLAN OLEH MITRA SRC DI KECAMATAN JATILAWANG DAN KECAMATAN WANGON, KABUPATEN BANYUMAS, PROVINSI JAWA TENGAH). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (624kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sampoerna Retail Community (SRC) merupakan sebuah program kemitraan dari PT HM Sampoerna Tbk yang hadir sebagai bentuk dukungan bagi UMKM melalui program pembinaan dan pendampingan berkelanjutan. Survei DSInnovate 2023 menunjukkan data sebanyak 70,2% pelaku UMKM masih terkendala dalam memasarkan produk. Para Mitra SRC di Kecamatan Jatilawang dan Wangon diarahkan oleh Coach SRC untuk rutin melakukan promosi melalui iklan, namun kerapkali iklan yang telah dilakukan belum berjalan dengan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan komunikasi pemasaran berupa iklan yang dilakukan para Mitra SRC di Kecamatan Jatilawang dan Wangon dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan teori Perencanaan dari Charles R. Berger yang menjelaskan mengenai perencanaan dalam bidang komunikasi untuk mencapai maksud dan tujuan tertentu. Dengan mengacu pada konsep dari Kotler & Keller mengenai pengembangan program periklanan yang terdiri dari lima dimensi, yaitu: menetapkan tujuan periklanan, memutuskan anggaran periklanan, mengembangkan kampanye periklanan, memilih media, dan mengevaluasi efektivitas periklanan. Paradigma penelitian ini yaitu konstruktivisme, dengan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan ditentukan melalui teknik purposive sampling, yang terdiri dari empat orang Mitra SRC, dua orang pelanggan SRC, dan seorang Supervisor Mitra Activation dari PT HM Sampoerna Tbk. Penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif dari Miles, Huberman, dan Saldana, serta keabsahan data di uji menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para Mitra SRC menerapkan iklan untuk memberikan informasi, membujuk, mengingatkan, dan meyakinkan pelanggan. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi anggaran iklan yaitu produk baru dan produk kurang laku. Biasanya pesan pada iklan terkait informasi promo, ketersediaan produk, hingga pelayanan yang disebarkan melalui berbagai media, baik media sosial maupun media cetak. Iklan mampu mempengaruhi kesadaran, pengetahuan, dan minat pelanggan serta memicu adanya interaksi yang akhirnya mempererat hubungan antara Mitra SRC dan pelanggan. Selain itu, iklan juga mampu mendorong pelanggan untuk membeli bahkan melakukan pembelian ulang dimana hal tersebut berkaitan dengan tingkat loyalitas dari pelanggan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu para Mitra SRC di Kecamatan Jatilawang dan Wangon, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah telah menerapkan iklan sebagai bentuk komunikasi pemasaran untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan mempertimbangkan kelima tahapan pengembangan program periklanan. Dalam penerapannya, kerapkali terdapat kendala namun para Mitra SRC mampu mengatasinya. Adapun saran dari peneliti yaitu, jenis promo yang diiklankan sebaiknya dapat lebih bervariasi, kreativitas perlu ditingkatkan agar menghasilkan iklan yang menarik, kekinian, dan tidak membosankan, serta penggunaan media yang beragam agar penyebaran informasi lebih luas. ***** SRC (Sampoerna Retail Community) is a partnership program from PT HM Sampoerna Tbk which is present as a form of support for MSMEs through ongoing coaching and mentoring programs. The 2023 DSInnovate survey shows that 70.2% of MSMEs still have problems marketing their products. SRC Partners in Jatilawang and Wangon Districts are directed by the SRC Coach to routinely carry out promotions through advertising, but the advertising that has been carried out has not been conveyed well. This research aims to find out how the implementation of marketing communications in the form of advertising by SRC Partners in Jatilawang and Wangon Districts increases customer loyalty. This research uses Charles R. Berger's Planning theory which explains planning in the field of communication to achieve certain goals and objectives. Referring to the concept of Kotler & Keller regarding the development of advertising programs consisting of five dimensions, namely: setting advertising objectives, deciding on advertising budget, developing advertising campaign, selecting media, and evaluating advertising effectiveness. This research paradigm is constructivism with qualitative research methods and descriptive case study research types. Data was collected through interviews, observation and documentation. Informants were determined using a purposive sampling technique, consisting of four SRC Partners, two SRC customers, and an Activation Partner Supervisor from PT HM Sampoerna Tbk. This research uses interactive model data analysis from Miles, Huberman, and Saldana, and the validity of the data is tested using source triangulation. The research results show that the SRC Partners implement advertising to provide information, persuade, remind, and convince customers. There are two factors that affect the advertising budget, namely new products and less popular products.. Usually the messages in advertisements are related to promotional information, product availability and services which are distributed through various media, both social media and print media. Advertising is able to influence customer awareness, knowledge and interest as well as trigger interactions which ultimately strengthen the relationship between SRC Partners and customers. Apart from that, advertising is also able to encourage customers to buy and even make repeat purchases, which is related to the level of customer loyalty. The conclusion of this research is that SRC Partners in Jatilawang and Wangon Districts, Banyumas Regency, Central Java Province have implemented advertising as a form of marketing communication to increase customer loyalty by considering the five stages of advertising program development. In its implementation, there are often obstacles but the SRC Partners are able to overcome them. The suggestions from researchers are that the types of promos advertised should be more varied, creativity needs to be increased to produce advertisements that are interesting, up-to-date and not boring, and the use of diverse media so that information dissemination is wider.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Wiratri Anindhita, S.I.P., M.Sc. ; 2). Nada Arina Romli, S.I.Kom., M.I.Kom
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce
Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 27145 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2025 03:18
Last Modified: 03 Mar 2025 03:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54227

Actions (login required)

View Item View Item