ADINDA REZA PRAMESTI, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR MATERI MENGENAL PERASAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SDN KUNINGAN BARAT 01. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 1 Pendahuluan .docx.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text
Bab 2 Landasan Teori .docx.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 3 Metedologi.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (524kB) |
![]() |
Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup (3)_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan dalam mengembangkan suatu produk yaitu untuk menganalisis tingkat kelayakan produk yang dikembangkan sebagai media penunjang untuk kegiatan membaca saat mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SDN Kuningan Barat 01. Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) ini menggunakan langkah – langkah metode penelitian pengembangan menurut S. Thiagarajan, Dorothy S. Sammel, dan Melvyn I. Sammel dengan model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, kuesioner, dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah media cerita bergambar layak digunakan sebagai media penunjang untuk kegiatan membaca saat mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SDN Kuningan Barat 01. Tahap validasi produk menggunakan lembar angket penilaian untuk para ahli validator, yaitu uji ahli validasi materi, uji ahli validasi bahasa, dan uji ahli validasi media. Subyek penelitian ini yaitu peserta didik kelas II di SDN Kuningan Barat 01. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media cerita bergambar layak digunakan dengan perolehan presentase ahli materi 81,6%, ahli Bahasa 80,5%, dan ahli media 92,5% berada pada interval 80-100% dengan kategori sangat baik. ****This research aims to develop a product, namely to analyze the level of suitability of the product being developed as a supporting medium for reading activities in class II Indonesian at SDN Kuningan Barat 01. This research and development uses the steps of the development research method according to S. Thiagarajan, Dorothy S. Sammel, and Melvyn I. Sammel with the 4D development model. The data collection techniques used were interviews, questionnaires and observation. The results of this research are that picture story media is suitable for use as a supporting medium for reading activities in class II Indonesian language subjects at SDN Kuningan Barat 01. The product validation stage uses an assessment questionnaire sheet for validator experts, namely material validation expert testing, language validation expert testing, and media validation expert testing. The subjects of this research were class II students at SDN Kuningan Barat 01. The results of this research showed that picture story media was suitable for use with a percentage of material experts of 81.6%, language experts of 80.5%, and media experts of 92.5% in the 80-100% interval in the very good category.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Yofita Sari, M.Pd; 2). Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 26993 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 04:52 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 04:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54253 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |