DANANG IBRAHIM, . (2025) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MENGGUNAKAN VIDEO TUTORIAL DAN E-MODUL PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DI SMK NEGERI 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover, Abstrak, Lembar Pengesahan, Surat Pernyataan Persetujuan Publikasi, Kata Pengantar, dan Daftar Isi.pdf Download (841kB) |
![]() |
Text
Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
Bab 2 Landasan Teori.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 3 Metodologi.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 4 Hasil Pembahasan.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan video tutorial dan e-modul pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak Di SMK Negeri 1 Jakarta. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan model quasi experimental design dengan rancangan non-equivalent control group design yang terdapat pada kelas eksperimen di kelas XI DPIB 1 dan kelas kontrol di kelas XI DPIB 2 masing-masing kelas terdapat 36 siswa. Pelaksanaan observasi dilakukan dengan mengambil data dari penilaian praktikum yang didapat dari skor pelaksanaan pretest dan posttest. Pemberian perlakuan berbeda pada kelas XI DPIB 1 berupa video tutorial sedangkan untuk kelas XI DPIB 2 tidak diberikan perlakuan hanya menggunakan e-modul. Hasil data skor siswa kelas XI DPIB 1 dengan skor praktikum rata-rata pada pretest 50 dan posttest 60. Untuk siswa kelas XI DPIB 2 dengan skor praktikum pada pretest 47 dan posttest 56. Sehingga pada siswa dari kelas eksperimen terdapat selisih skor 10 dan kelas kontrol terdapat selisih skor 9. Berada dikategori yang sama pada pretest tidak mampu dan posttest cukup mampu. Bisa disimpulkan bahwa dari kedua kelas tersebut tidak ada perbedaan dikarenakan hasil perbedaan yang sangat tipis baik dari kelas eksperimen maupun kontrol. *********The purpose of this study was to determine the differences in student learning outcomes between using video tutorials and e-modules in Software Application subjects at SMK Negeri 1 Jakarta. The implementation of the research using a quasi experimental design model with a non-equivalent control group design contained in the experimental class in class XI DPIB 1 and the control class in class XI DPIB 2 each class has 36 students. The observation was carried out by taking data from the practicum assessment obtained from the pretest and posttest implementation scores. Different treatments were given to class XI DPIB 1 in the form of video tutorials while class XI DPIB 2 was not given treatment only using e-modules. The results of the data score of students in class XI DPIB 1 with an average practicum score on pretest 50 and posttest 60. For the results of the data score of students in class XI DPIB 2 with a practicum score on pretest 47 and posttest 56. In the results of students from the experimental class there was a difference in score of 10 and the control class had a difference in score of 9 so that both classes were in the same category on the pretest unable and posttest quite capable. It can be concluded that there is no difference between the two classes because the results of the difference are very thin both from the experimental and control classes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Arris Maulana, M.T. ; 2). Dr. Santoso Sri Handoyo, M.T. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Pendidikan > Media Pembelajaran Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Sipil |
Depositing User: | Users 27199 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 07:28 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 07:28 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54262 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |