BENTUK CAMPUR KODE BAHASA BETAWI-INDONESIA DALAM MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII

ADITYA TRILAKSONO, . (2025) BENTUK CAMPUR KODE BAHASA BETAWI-INDONESIA DALAM MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (701kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy

Abstract

Campur kode merupakan pemakaian dua bahasa dengan menyisipkan Bahasa yang satu dengan bahasa yang lain. Bahasa Betawi merupakan bahasa melayu yang dipakai sebagai lingua frangca antarsuku baik dalam lisan maupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk campur kode bahasa Betawi-Indonesia dalam media sosial TikTok pada akun Madun Oseng dan implikasinya terhadap keterampilan menyimak teks prosedur peserta didik kelas VII. Penelitian dilakukan dari Februari hingga Desember 2024 menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis isi. Data dikumpulkan dari sembilan video yang diproduksi dan diunggah oleh Madun Oseng di TikTok selama 2024, dengan teknik observasi, pustaka, dan simak catat. Penelitian menemukan bahwa campur kode lebih dominan pada tataran kata dibandingkan frasa. Berdasarkan data yang ditemukan sebanyak 209 data campur kode, 168 (80,3%) berbentuk kata dan 41 (19,6%) data berbentuk frasa. Dominasi kata ini menunjukkan kemudahan dalam menyisipkan kata Betawi ke dalam kalimat bahasa Indonesia, yang sering terjadi pada kata benda, kerja, atau ganti. Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan campur kode termasuk topik yang sedang dibahas 38,7%, fungsi dan tujuan komunikasi 25,8%, serta penutur dan pribadi penutur,8% data. Campur kode juga digunakan untuk menyesuaikan dengan penonton atau audiens 8,6%, mitra tutur 6,6%, membangkitkan rasa humor 4,7%, dan pokok pembicaraan 0,9%. Fenomena campur kode dalam video teks prosedur Madun Oseng di TikTok tidak hanya mencerminkan kebiasaan berbahasa penutur tetapi juga menjadi sarana kreatif dalam menyampaikan pesan dan mempertahankan identitas budaya Betawi. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa video tersebut dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik kelas VII untuk meningkatkan keterampilan menyimak, terutama dalam mengidentifikasi campur kode dalam teks prosedur. Dengan demikian, penggunaan campur kode dalam konten media sosial memiliki potensi edukatif yang signifikan dalam konteks pembelajaran bahasa. Kata kunci: campur kode, bahasa betawi, keterampilan menyimak, teks prosedur Mixing codes is the use of two languages by inserting one language with another. Betawi language is a Malay language that is used as a lingua franca between tribes both in oral and written language. This study aims to analyze the mixed form of Betawi Indonesian language codes in TikTok social media on the Madun Oseng account and its implications for the listening skills of procedural texts of grade VII students. The research was conducted from February to December 2024 using a qualitative descriptive method with content analysis. Data was collected from nine videos produced and uploaded by Madun Oseng on TikTok during 2024, with observation, library, and note techniques. Research has found that code mixing is more dominant at the word level than phrases. Based on the data found, there were 209 mixed code data, 168 (80.3%) in the form of words and 41 (19.6%) data in the form of phrases. The dominance of this word shows the ease of inserting the word Betawi into Indonesian sentences, which often occurs in nouns, work, or substitutions. Factors that affect the use of mixed codes include the topic being discussed 38.7%, the function and purpose of communication 25.8%, and the speaker and the speaker's personal data, 8% of the data. Mixing code was also used to match the audience or audience 8.6%, the speaking partner 6.6%, evoke a sense of humor 4.7%, and the subject matter 0.9%. The phenomenon of mixing codes in Madun Oseng's procedural text videos on TikTok not only reflects the language habits of speakers but also becomes a creative means of conveying messages and maintaining Betawi cultural identity. The implications of this study show that the video can be used as a learning medium for grade VII students to improve listening skills, especially in identifying mixed codes in procedural texts. Thus, the use of mixed code in social media content has significant educational potential in the context of language learning. Keywords: mixed code, Betawi language, listening skills, procedural texts

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sintowati Rini Utami, M.Pd 2). Nur Sekhudin, M.Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 26300 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2025 06:07
Last Modified: 03 Mar 2025 06:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54295

Actions (login required)

View Item View Item