HILDA AZLIA MEILISA, . (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MENTIMETER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD (EKSPERIMEN DI SDN CAKUNG TIMUR 04 PAGI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (663kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (820kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (877kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (626kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran IPS adalah satu pembelajaran yang penting dalam kelangsungan hidup manusia. Pembelajaran IPS penting dikarenakan latar belakang siswa yang berbeda-beda satu sama lainnya. Dapat dikatakan bahwa pembelajaran IPS bukan hanya menghafal atau membaca tetapi harus diterapkan secara nyata dan mencapai tujuan pembelajaran serta hasil belajar yang optimal. Hasil belajar yang optimal dapat dilakukan dengan merancang model pembelajaran yang menarik dan bermakna. Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran IPS adalah model project based learning berbantuan media mentimeter terhadap hasil belajar IPS siswa mata pelajaran IPAS kelas IV SD. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbantuan media mentimeter terhadap hasil belajar IPS siswa mata pelajaran IPAS kelas IV SD. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SDN di Kecamatan Cakung Jakarta Timur yang menerapkan kurikulum merdeka. Sampel dari penelitian ini adalah SDN Cakung Timur 04 Pagi yang berjumlah 60 siswa (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode quasi experiment, dengan desain penelitian pretest-posttest group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes pilihan ganda dan essai yang diuji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas dengan uji Barttlet sebagai uji persyaratan analisis data. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis dengan uji-t Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SD yang diajarkan menggunakan model project based learning lebih tinggi daripada menggunakan model direct instruction. Oleh sebab itu, guru perlu mengeksplorasi dan berinovasi memrancang pembelajaran dengan memanfaatkan media dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan hasil belajar yang terus membaik. ***** Social studies learning is an important learning in human survival. Social studies learning is important because students' backgrounds are different from each other. It can be said that social studies learning is not just memorizing or reading but must be applied in real terms and achieve learning goals and optimal learning outcomes. Optimal learning outcomes can be achieved by designing interesting and meaningful learning models. One of the appropriate learning models to achieve social studies learning objectives is the project based learning model assisted by media meter for social studies learning outcomes for students in fourth grade elementary school science subjects. This experimental research aims to determine the effect of the project based learning model assisted by Mentimeter media on the social studies learning outcomes of students in grade IV elementary school science subjects. The population in this study were all elementary schools in Cakung District, East Jakarta that implemented the independent curriculum. The sample from this research was SDN Cakung Timur 04 Pagi, totaling 60 students (experimental class and control class). Sampling used a cluster random sampling technique. The method used is a quasi-experimental method, with a pretest-posttest group design research design. Data collection was carried out using multiple choice test instruments and essays which were tested for normality using the Liliefors test and homogeneity with the Barttlet test as a test for data analysis requirements. Next, hypothesis analysis was carried out using the t-test. The results of the research showed that the social studies learning outcomes of fourth grade elementary school students who were taught using the project based learning model were higher than those using the direct instruction model. Therefore, teachers need to explore and innovate in designing learning by utilizing media to improve students' cognitive abilities so that learning objectives can be achieved and learning outcomes continue to improve.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Yustia Suntari, M.Pd; 2). Prof. Dr. Iva Sarifah, M.Pd |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 27157 not found. |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 03:03 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 06:22 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54393 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |