ZUNICO ANGGRIAWAN, . (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB MELALUI PROGRAM TA’BIR SYAFAWI (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SANTRI KELAS X-B DI PONDOK PESANTREN RIYADHUSSHOLIHIIN BANTEN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (546kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (725kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (446kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Zunico Anggriawan, Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Program Ta’bir Syafawi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Santri kelas X-B di Pondok Pesantren Riyadhussholihiin Banten). Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab Santri Kelas X SMA Pondok Pesantren Riyadhussholihiin Banten. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Pondok Pesantren Riyadhussholihiin pada siswa kelas X semester 1 pada bulan November 2024. metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian yang merupakan salah satu Upaya guru dalam menciptakan perbaikan berkesinambungan. Model PTK yang digunakan adalah Model Kemmis dan Mc Taggart, yang terdiri dari perencanaan, Tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi. Tes hasil belajar yang digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam meningkatkan keterampilan Bahasa Arab. Observasi yang digunakan sesuai dengan format observasi untuk mengukur kinerja guru dan siswa dalam pembelajaran. Hasil yang didapat dari penelitian ini, Bahwasannya pada pembelajaran barnamij ta’bir syafawi pada siklus 1 guru menyampaikan materi dengan menggunakan Bahasa Arab yang mana santri dapat berinteraksi dengan menggunakan Bahasa Arab dengan guru kemudian guru memberikan pembelajaran dalam membuat cerita dengan bantuan media gambar yang merangsang pikiran santri agar dapat membuat sebuah cerita lebih mudah, setelah itu guru memberikan tugas kepada santri untuk membuat cerita dengan tema “المعهد” dengan penyampaian cerita yang bertempat di kelas dan masjid, Pada siklus 2 terjadi perubahan metode pembelajaran setelah evaluasi yang mana guru menyampaikan pembelajaran dengan menggunakan bahasa Indonesia kemudian pembelajaran difokuskan pada pembelajaran merangkai cerita dengan bantuan media gambar dan guru memotivasi santri untuk menghafal banyak mufrodat. Pada siklus 1 diperoleh menggunakan perhitungan rumus n-gain score, yang mana diperoleh nilai n-gain pada siklus 1 48% dengan kategori sedang dan pada siklus 2 78% dengan kategori tinggi. Dimana terjadi peningkatan yang efektif dari siklus satu ke siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan terhadap keterampilan berbicara melalui barnamij ta’bir syafawi pada siswa kelas X-B SMA Pondok Pesantren Riyadhussholihiin Banten. Dari Penelitian ini juga bisa disimpulkan bahwa barnamij ta’bir syafawi dapat meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab. Sehingga guru dapat meggunakan program ini dalam mengajar Pelajaran Bahasa Arab. Santri juga merasakan kemudahan mempelajari Bahasa arab dengan menggunakan program tersebut. Serta dapat melatih skill santri dalam berbicara bahasa Arab tanpa takut dan malu dan mengasah kemampuan santri dalam memperbanyak perbendaharaan kata mufrodat serta memahami maknanya. Kata Kunci: Barnamij Ta’bir Syafawi, Keterampilan Berbicara, Penelitian Tindakan Kelas, Ponpes Riyadhussholihiin ABSTRACT Zunico Anggriawan, "Improving Arabic Speaking Skills Through the Ta'bir Program (Classroom Action Research on Students of Riyadhussholihiin Islamic Boarding School Banten)". Thesis. Department of Arabic Language Education. Faculty of Languages and Arts. State University of Jakarta. The purpose of this research is to improve the Arabic speaking skills of Grade X students of Riyadhussholihiin Islamic Boarding School, Banten. This research was conducted at the Riyadhussholihiin Islamic Boarding School for Grade X students in the first semester in November 2024. The research method used in this study is the Classroom Action Research (CAR) method, which is one of the teacher's efforts to create continuous improvement. The CAR model used is the Kemmis and Mc Taggart model, which consists of planning, action, observation, and reflection. The instruments used are learning outcome tests and observations. The learning outcome tests are used to measure the success of students in improving their Arabic language skills. Observations are used according to the observation format to measure the performance of teachers and students in learning. The results obtained from this research show that in the learning process using Barnamij Ta’bir Syafawi in cycle 1, the teacher delivered the material using Arabic, allowing the students to interact with the teacher in Arabic. The teacher then provided learning on creating stories with the help of image media to stimulate the students' thinking so they could create a story more easily. After that, the teacher assigned the students to create stories with the theme “المعهد” (the institute), with the storytelling taking place in the classroom and mosque. In cycle 2, there was a change in teaching methods after evaluation, where the teacher delivered the material using Indonesian, focusing on teaching storytelling with the help of image media, and motivating the students to memorize a lot of vocabulary (mufrodat). In cycle 1, the n-gain score was 48% in the medium category, and in cycle 2, it increased to 78% in the high category. There was an effective improvement from cycle 1 to cycle 2. Based on the research results, the researcher concluded that there was a significant improvement in speaking skills through Barnamij Ta’bir Syafawi among the 10th-grade students at SMA Pondok Pesantren Riyadhussholihiin Banten. This research also concluded that Barnamij Ta’bir Syafawi could enhance Arabic speaking skills. Therefore, teachers can use this program in teaching Arabic lessons. Students also found it easier to learn Arabic using this program, as it can train their speaking skills without fear or embarrassment and improve their ability to expand their vocabulary (mufrodat) and understand its meanings. Keywords: Barnamij Ta’bir Syafawi, Speaking Skills, Classroom Action Research, Riyadhussholihiin Islamic Boarding School
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Muhammad Kammal, M.A. 2). Dr. Samsi Setiadi, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Zunico Anggriawan . |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 03:24 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 03:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54417 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |