APRILIA INDAH CAHYANI, . (2025) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (577kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (939kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (986kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (518kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kreativitas siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Setiabudi pada tahun ajaran 2024/2025 dengan 106 sampel yang merupakan siswa kelas IV di SDN Setiabudi 01, SDN Pasar Manggis 03 Pagi, dan SDN Menteng Atas 11. Pendekatan dan metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan model penelitian sederhana hubungan variabel X dengan variabel Y. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji korelasi spearman’s rho. Berdasarkan perhitungan uji korelasi spearman’s rho diperoleh nilai r sebesar 0,138. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan kreativitas walaupun dengan derajat korelasi yang rendah. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh sebesar 1,9% dimana kreativitas ditentukan oleh faktor pola asuh orang tua, selebihnya sebesar 98,1% ditentukan oleh faktor lain. Oleh sebab itu, pola asuh orang tua perlu ditingkatkan dan disesuaikan dengan siswa agar mampu meningkatkan kreativitas pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. ***** This study aims to determine the relationship between parental parenting and the creativity of grade IV elementary school students in Setiabudi District in the 2024/2025 school year with 106 samples who are grade IV students at SDN Setiabudi 01, SDN Pasar Manggis 03 Pagi, and SDN Menteng Atas 11. The research method used is quantitative with correlational methods. Sampling was done using a random sampling technique with a simple research model of the relationship between variable X and variable Y. Data was collected using a questionnaire. The data was analyzed using the spearman's rho correlation test. Based on the calculation of Spearman's rho correlation test, an r-value of 0.138 was obtained. The results show that the alternative hypothesis (Ha) is accepted and the null hypothesis (Ho) is rejected, so it can be concluded that there is a positive relationship between parenting and creativity even with a low degree of correlation. The calculation of the determination coefficient was obtained at 1.9% where creativity was determined by parenting factors, and the rest of 98.1% was determined by other factors. Therefore, parental parenting needs to be improved and adjusted for students to be able to increase creativity in grade IV elementary school students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd. ; 2). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Psikologi Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 27206 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 01:43 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 01:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54427 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |