PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI EKOSISTEM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) PESERTA DIDIK KELAS V SDN JATINEGARA KAUM 01

FITRI NURUL ISLAMI, . (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI EKOSISTEM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) PESERTA DIDIK KELAS V SDN JATINEGARA KAUM 01. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (979kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (267kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar pada materi ekosistem melalui model SAVI pada peserta didik kelas V SDN Jatinegara Kaum 01. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 32 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan model Kemmis&Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil belajar diperoleh peningkatan dari 72% pada siklus I dan meningkat pada siklus II mencapai 87,5%. Penerapan model SAVI juga meningkat, pada siklus I aktivitas guru memperoleh 85%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 100%. Pada aktivitas peserta didik siklus I memperoleh 85% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 95%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan model SAVI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA materi ekosistem.***** This classroom action research (PTK) aims to find out whether there is an increase in learning outcomes in ecosystem material through the SAVI model for class V students at SDN Jatinegara Kaum 01. The subjects of this research are 32 V grade of year 2024/2025 years study. This research was carried out using the Kemmis & Mc Taggart model. This research was carried out in 2 cycles with each cycle consisting of 2 meetings through the stages of planning, implementation, observation and reflection. Learning outcomes obtained increased from 72% in cycle I and increased in cycle II reaching 87.5%. The application of the SAVI model also increased, in cycle I teacher activity reached 85%, while in cycle II it increased to 100%. In cycle I, student activities achieved 85% and in cycle II this increased to 95%. These results show that using the SAVI model can improve student learning outcomes in science learning ecosystem material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd.; 2). Imaningtyas, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 26965 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2025 02:31
Last Modified: 04 Mar 2025 02:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54451

Actions (login required)

View Item View Item