ELSYA SAFIRA HASAN, . (2025) ANALISIS PELAYANAN PRIMA PADA KLINIK LAYANAN KESEHATAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA (DPR-RI). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (660kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (683kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pelayanan prima pada Klinik Layanan Kesehatan DPR-RI, mengetahui kendala dalam pelayanan pada Klinik Layanan Kesehatan DPR-RI, dan juga mengetahui rekomendasi solusi dari kendala yang terjadi pada Klinik Layanan Kesehatan DPR-RI. Penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan deskriptif yang berfokus pada pengamatan fenomena atau peristiwa dalam kondisi asli. Peneliti menggunakan data primer sebagai pengumpulan data. Data yang dikumpulkan untuk penelitian ini dilakukan secara langsung dari sumber aslinya melalui teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitiannya, dapat diketahui bahwa implementasi pelayanan prima pada Klinik Layanan Kesehatan DPR-RI sudah baik. Namun, beberapa dari pasien maupun petugas pelayanan masih merasakan adanya kendala yang terjadi. Kendala tersebut diantaranya adalah kurangnya SDM PNS, petugas yang kurang ramah, dan pemahaman pasien terhadap petugas medis. Dari kendala tersebut terdapat beberapa rekomendasi solusi yaitu membuka lowongan pekerjaan, mengikuti pelatihan yang sudah difasilitasi, dan meningkatkan teknik komunikasi yang baik. Kata Kunci: Pelayanan Prima, Kendala, Rekomendasi Solusi ***** This study aims to determine how the implementation of excellent service at the DPR-RI Health Service Clinic, to find out the obstacles in service at the DPR-RI Health Service Clinic, and also to find out the recommended solutions to the obstacles that occur at the DPR-RI Health Service Clinic. Qualitative research is used in this study through a descriptive approach that focuses on observing phenomena or events in original conditions. Researchers use primary data for data collection. The data collected for this study was collected directly from the source through observation, documentation, and interview data collection techniques. Based on the results of the study, it can be seen that the implementation of excellent service at the DPR-RI Health Service Clinic is good. However, some patients and service officers still feel that obstacles occur. These obstacles include the lack of Civil Servant Human Resources, unfriendly officers, and patient understanding of medical officers. From these obstacles, there are several recommended solutions, namely opening job vacancies, participating in facilitated training, and improving good communication techniques. Keywords: Excellent Service, Obstacles, Solution Recommendations
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Depositing User: | Users 27084 not found. |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 06:07 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 06:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54495 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |