PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, KETERAMPILAN DIGITAL, PENGATURAN KERJA YANG FLEKSIBEL, DAN KEPUASAN PENGGUNA DALAM PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI TERHADAP KINERJA INDIVIDU PADA KEMENTERIAN LUAR NEGERI RI

SURANO MUHASYAH, . (2025) PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, KETERAMPILAN DIGITAL, PENGATURAN KERJA YANG FLEKSIBEL, DAN KEPUASAN PENGGUNA DALAM PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI TERHADAP KINERJA INDIVIDU PADA KEMENTERIAN LUAR NEGERI RI. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sistem informasi digunakan oleh organisasi untuk membantu pekerjaan dan pengambilan keputusan. Dalam menjalankan organisasi diperlukan sumber daya manusia yang dapat menggunakan teknologi dan sistem kerja yang mendukung peningkatan kinerja individu serta produktifitas organisasi. Kementerian Luar Negeri RI memiliki sistem informasi e-office yang digunakan untuk transaksi komunikasi informasi/berita dan pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku pengguna e-office di Kementerian Luar Negeri RI guna mendapatkan strategi peningkatan kepuasan dan kinerja individu. Penyebaran instrumen penelitian dilakukan kepada 3.336 pegawai Kementerian Luar Negeri RI di Pusat dan kantor Perwakilan RI di luar negeri. Sampel dan data yang digunakan sebanyak 345 pegawai yang dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software SPSS dan SEM AMOS. Temuan penelitian sebagai berikut: (1) kualitas sistem berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna; (2) kualitas informasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna; (3) keterampilan digital tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna; (4) pengaturan kerja yang fleksibel tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna; (5) kualitas sistem berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja individu; (6) kualitas informasi tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja individu; (7) keterampilan digital berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja individu; (8) pengaturan kerja yang fleksibel tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja individu; (9) kepuasan pengguna berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja individu; (10) kepuasan pengguna secara positif signifikan mampu menjadi mediasi pengaruh kualitas sistem terhadap kinerja individu; (11) kepuasan pengguna secara positif signifikan mampu menjadi mediasi pengaruh kualitas informasi terhadap kinerja individu; (12) kepuasan pengguna secara positif signifikan tidak mampu menjadi mediasi pengaruh keterampilan digital terhadap kinerja individu; dan (13) kepuasan pengguna secara positif signifikan tidak mampu menjadi mediasi pengaruh pengaturan kerja yang fleksibel terhadap kinerja individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi tidak dapat mempengaruhi kinerja individu, namun dapat mempengaruhi kepuasan pengguna terutama dalam pengambilan keputusan. Keterampilan digital untuk menggunakan sistem informasi e-office dibutuhkan minimal memiliki keterampilan operasional (dasar). Sehingga penggunaan sistem informasi yang mandatory, dapat menyebabkan tingkat kepuasan pengguna rendah jika organisasi tidak melakukan update teknologi. Selain itu pelaksanaan pengaturan kerja yang fleksibel tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan dan kinerja. Oleh karena itu organisasi perlu mencari strategi dalam meningkatkan kepuasan pengguna dan kinerja individu, antara lain: pengembangan teknologi terbaru, peningkatan kompetensi digital, dan pengaturan kebijakan fleksibilitas penggunaan e-office yang tetap memperhatikan standar waktu bekerja Kata kunci: kinerja individu, kualitas sistem, kualitas informasi, keterampilan digital, pengaturan kerja yang fleksibel, kepuasan pengguna ===== Organizations use information systems to assist work and decision-making. Human resources are needed to use technology and systems to improve individual performance and organizational productivity. The Ministry of Foreign Affairs of the Republic of Indonesia has an e-office information system for information/news communication transactions and decision-making. This study aims to analyze the behavior of e-office users at the Ministry of Foreign Affairs of the Republic of Indonesia to obtain strategies to increase individual satisfaction and performance. The research instruments were conducted on 3,336 Ministry of Foreign Affairs employees of the Republic of Indonesia and the representative offices abroad. The sample and data used were 345 employees analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) with SPSS and SEM AMOS software. The output of the study was as follows: (1) system quality has a significant positive effect on user satisfaction; (2) information quality has a significant positive effect on user satisfaction; (3) digital skills do not have a significant positive effect on user satisfaction; (4) flexible work arrangements do not have a significant positive effect on user satisfaction; (5) system quality has a significant positive effect on individual performance; (6) information quality does not have a significant positive effect on individual performance; (7) digital skills have a significant positive effect on individual performance; (8) flexible work arrangements do not have a significant positive effect on individual performance; (9) user satisfaction has a significant positive effect on individual performance; (10) user satisfaction is positively significant and able to mediate the influence of system quality on individual performance; (11) user satisfaction is positively significant and able to mediate the influence of information quality on individual performance; 12) user satisfaction is positively significant and is not able to mediate the influence of digital skills on individual performance; (13) User satisfaction is positively significant and is not able to mediate the influence of flexible work arrangements on individual performance. The study results show that the information quality cannot affect individual performance but can affect user satisfaction, especially in decision-making. Digital skills to use the e-office information system must have at least operational skills (basic skills). So that the use of mandatory information systems can cause low user satisfaction levels if organizations do not update technology. In addition, implementing flexible work arrangements does not affect satisfaction and performance. Therefore, organizations must find strategies to improve user satisfaction and individual performance, including developing the latest technology, increasing digital competence, and setting flexible policies for using e-offices that still pay attention to working time standards. Keywords: individual performance, system quality, information quality, digital skills, flexible working arrangement, user satisfaction

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Hamidah, SE., M.Si ; 2). Prof. Usep Suhud, M.Si, Ph.D .
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Divisions: PASCASARJANA > S3 Ilmu Manajemen
Depositing User: SURANO MUHASYAH .
Date Deposited: 06 Mar 2025 02:18
Last Modified: 06 Mar 2025 02:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54543

Actions (login required)

View Item View Item