MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI TEKNIK LATIHAN GRAPHOMOTOR PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN FASE A DI SLB BINAR INSAN ISTIQOMAH KABUPATEN BEKASI

INTAN MAYASARI SUJA, . (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI TEKNIK LATIHAN GRAPHOMOTOR PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN FASE A DI SLB BINAR INSAN ISTIQOMAH KABUPATEN BEKASI. Sarjana thesis, UNUVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover_fix.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)
[img] Text
Lampiran (55)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan dengan menggunakan teknik latihan graphomotor pada peserta didik hambatan intelektual ringan fase A di SLB Binar Insan Istiqomah Kabupaten Bekasi. Fokus penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menebalkan suku kata, kata dan kalimat sederhana. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang melibatkan tiga tahapan utama dalam satu siklus yang berkesinambungan, yaitu: (1) Perencanaan; (2) Tindakan dan Observasi; dan (3) Refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami peningkatan kemampuan menulis permulaan yang meningkat dari hasil tes kemampuan awal sebelum tindakan dilakukan, kelima peserta didik memperoleh nilai 44 untuk K dan R, V mendapat nilai 32, I mendapat nilai 42, dan A mendapat nilai 46. Setelah diberikan tindakan pada siklus I, hasil yang didapatkan pada evaluasi siklus I menunjukkan bahwa peningkatan yang terjadi belum sesuai dengan kriteria yang diharapkan oleh peneliti dalam hal kemampuan menulis permulaan meningkat dengan perolehan yang beragam, yaitu peserta didik K mendapatkan nilai 56, peserta didik R mendapatkan nilai 58, V mendapatkan nilai 47, peserta didik I mendapatkan nilai 54, dan peserta didik A mendapatkan nilai 60. Pada silkus II, setelah diberikan tindakan dengan perbaikan kelima peserta didik mampu meningkatkan kembali kemampuan menulis permulaan dengan perolehan nilai hasil tes yaitu, 82 untuk K dan R, 71 untuk V, 78 untuk I, dan 86 untuk A. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan teknik latihan graphomotor dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan peserta didik hambatan intelektual ringan fase A di SLB Binar Insan Istiqomah Kabupaten Bekasi. (*****) This study aims to improve the ability to write beginnings by using graphomotor training techniques for phase A mild intellectual disability students at SLB Binar Insan Istiqomah, Bekasi Regency. The focus of this research is on improving the ability to emphasise syllables, words and simple sentences. This study uses the Kemmis and Mc Taggart model research design which involves three main stages in one continuous cycle, namely: (1) Planning; (2) Action and Observation; and (3) Reflection. Data collection was carried out using test instruments and observation sheets. The results showed that students experienced an increase in their ability to write beginnings that increased from the results of the initial ability test before the action was taken, the five students scored 44 for K and R, V scored 32, I scored 42, and A scored 46. After being given action in cycle I, the results obtained in the evaluation of cycle I showed that the improvement that occurred was not in accordance with the criteria expected by the researcher in terms of the ability to write beginnings increased with various acquisitions, namely K students scored 56, R students scored 58, V scored 47, I students scored 54, and A students scored 60. In silkus II, after being given action with improvements, the five students were able to improve their writing skills again with the acquisition of test scores, namely, 82 for K and R, 71 for V, 78 for I, and 86 for A. Thus, the conclusion of this study is that the application of graphomotor training techniques can improve the ability to write the beginnings of phase A mild intellectual disability students at SLB Binar Insan Istiqomah Bekasi Regency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marja, M.Pd; 2). Drs. Bahrudin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 26728 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2025 02:07
Last Modified: 05 Mar 2025 02:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54567

Actions (login required)

View Item View Item