PENGARUH BERMAIN PLASTISIN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN(STUDI EKSPERIMEN DI TK BAHTERA CERIA JAKARTA TIMUR)

SHIFFA NURUL FAJAR, . (2020) PENGARUH BERMAIN PLASTISIN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN(STUDI EKSPERIMEN DI TK BAHTERA CERIA JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh kegiatan bermain plastisin terhadap kemampuan menulis permulaan anak usia 5-6 tahun. Penelitian dilaksanakan di TK Bahtera Ceria, Pisangan Timur, Pulo Gadung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel 30 anak. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Pre-test – Post-test Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh harga thitung 1 = 7,062; thitung 2 = 2,422; thitung 3 = 3,935 dan harga ttabel = 1,701 , dengan dk = 28 pada taraf signifikansi α = 0,05. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan thitung > ttabel yang artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan dari kegiatan bermain plastisin terhadap kemampuan menulis permulaan anak usia 5-6 tahun. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi referensi untuk meningkatkan kemampuan menulis anak melalui proses pembelajaran yang menyenangkan. This study aims to obtain empirical data on the effect of plasticine-playing activities on the early ability of writing of children aged 5-6 years. The study was conducted at Kindergarten Bahtera Ceria, East Pisangan, Pulo Gadung. The sampling technique used was cluster random sampling technique with a sample of 30 children. The method used is an experimental method with Pre-test - Post-test Control Group Design. Data collection was performed using observation instruments and analyzed using t-test. The results of the calculation of the hypothesis test using the t-test obtained the price of t count 1 = 7.062; t count 2 = 2,422; t count 3 = 3.935 and the price of t table = 1.701, with dk = 28 at the significance level α = 0.05. The results of these calculations showed that t count > t table which meant that there was a significant positive effect of plasticine-playing activities on the early ability of writing of children aged 5-6 years. The results of this study can be the references to improve children's writing skills through a fun learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi. ; 2) Dra. Winda Gunarti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 1206 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2020 10:41
Last Modified: 16 Apr 2020 10:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5457

Actions (login required)

View Item View Item