POETRY ADHELLYA, . (2025) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (730kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Prokrastinasi akademik adalah kebiasaan menunda tugas akademis yang dapat berdampak negatif pada prestasi dan kesejahteraan mahasiswa. Faktor yang memengaruhi prokrastinasi akademik antara lain efikasi diri dan teman sebaya. Efikasi diri adalah keyakinan individu terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan tugas, sedangkan teman sebaya dapat menjadi dukungan atau justru sumber distraksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Negeri Jakarta Fakultas Ekonomi dan Bisnis jenjang S1 angkatan 2019 yang sedang dan telah mengerjakan skripsi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis data menggunakan IBM SPSS versi 24. Sampel penelitian berjumlah 206 mahasiswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengujian data meliputi uji persyaratan analisis terdiri atas uji normalitas dan linearitas, sedangkan uji asumsi klasik meliputi uji multikolinearitas dan heterokedastisitas. Analisis data dilakukan dengan regresi berganda, sementara uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Koefisien determinasi juga dihitung untuk mengetahui seberapa besar variabel bebas menjelaskan variasi prokrastinasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik, begitu juga dengan teman sebaya berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik. Secara simultan, efikasi diri dan teman sebaya juga berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik. Oleh karena itu, mahasiswa disarankan untuk meningkatkan efikasi diri dengan mengatur waktu secara efektif, memilih lingkungan pergaulan yang mendukung produktivitas akademik, serta mampu menetapkan prioritas.***** Academic procrastination is postponing academic assignments that can negatively impact student achievement and well-being. Factors that affect academic procrastination include self-efficacy and peers. Self-efficacy is an individual's belief in his or her ability to complete tasks, while peers can be a support or even a source of distraction. This study aims to determine the influence of self-efficacy and peers on academic procrastination in students at the State University of Jakarta, Faculty of Economics and Business, S1 level of 2019 who are working on their thesis. The research method used is quantitative with data analysis using IBM SPSS version 24. The research sample amounted to 206 students who were selected through the purposive sampling technique. Data testing includes analysis requirements tests consisting of normality and linearity tests, while classical assumption tests include multicollinearity and heteroscedasticity tests. Data analysis was carried out by multiple regression, while hypothesis tests used the F and t-tests. The determination coefficient is also calculated to determine how much the independent variable explains the variation in academic procrastination. The results of the study showed that self-efficacy influenced academic procrastination, as well as peers affected academic procrastination. Simultaneously, self-efficacy and peer efficacy also affect academic procrastination. Therefore, students are advised to increase their self-efficacy by managing their time effectively, choosing a social environment that supports academic productivity, and being able to set priorities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Marsofiyati, S.Pd., M.Pd. ; 2). Ati Sumati, S.Pd., M.M. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Poetry Adhellya . |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 08:34 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 08:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54576 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |