NABILA KUSUMA WARDANI, . (2025) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PENGEMBANGAN DIRI GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN LARANGAN KOTA TANGERANG. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Nabila KW (1111822018) - COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Nabila KW (1111822018) - BAB I.pdf Download (501kB) |
![]() |
Text
Nabila KW (1111822018) - BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Nabila KW (1111822018) - BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Nabila KW (1111822018) - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (843kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Nabila KW (1111822018) - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Nabila KW (1111822018) - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (445kB) |
![]() |
Text
Nabila KW (1111822018) - LAMPIRAN_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efikasi diri dan lingkungan kerja terhadap pengembangan diri guru Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Larangan, Kota Tangerang. Pengembangan diri guru dianggap sebagai elemen penting dalam peningkatan kualitas pendidikan, yang dipengaruhi oleh faktor internal seperti efikasi diri, serta faktor eksternal seperti lingkungan kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model explanatory research, melibatkan 203 guru SD Negeri di Kecamatan Larangan Kota Tangerang sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dirancang untuk mengukur efikasi diri, persepsi terhadap lingkungan kerja, dan tingkat pengembangan diri. Data kemudian dianalisis menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda untuk menentukan pengaruh kedua variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri dan lingkungan kerja secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap pengembangan diri guru dengan kontribusi sebesar 64,4%. Temuan ini menunjukkan efikasi diri dan keberadaan lingkungan kerja yang mendukung, seperti hubungan interpersonal yang positif, fasilitas yang memadai, dan suasana kerja yang kondusif, merupakan faktor utama yang mendorong pengembangan diri mereka. Secara parsial, efikasi diri dan lingkungan kerja masing-masing menunjukkan pengaruh positif yang signifikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan efikasi diri guru dan pembenahan lingkungan kerja perlu menjadi prioritas untuk mendukung pengembangan profesional guru. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan efikasi diri serta kebijakan yang mendukung lingkungan kerja yang kondusif. Hasil ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi pihak sekolah dan pemangku kebijakan dalam merancang program pengembangan guru yang lebih efektif. (*****) This study aims to analyze the impact of self-efficacy and work environment on the self-development of elementary school teachers in Larangan Subdistrict, Tangerang City. Teacher self-development is considered an important element in improving the quality of education, which is influenced by internal factors such as self-efficacy as well as external factors such as the work environment. This study used a quantitative approach with an explanatory research model, involving 203 public elementary school teachers in Larangan Subdistrict, Tangerang City, as respondents. Data were collected through a questionnaire designed to measure self-efficacy, perceptions of the work environment, and level of self-development. The data were then analyzed using the Multiple Linear Regression Analysis method to determine the effect of the two independent variables on the dependent variable. The results showed that self-efficacy and work environment simultaneously had a significant influence on teacher self-development with a contribution of 64.4%. This finding suggests that teachers' belief in their abilities (self-efficacy) and the existence of a supportive work environment, such as positive interpersonal relationships, adequate facilities, and a conducive work atmosphere, are the main factors that encourage their self-development. Partially, self-efficacy and work environment each showed a significant positive influence. This study concludes that increasing teachers' self-efficacy and improving the work environment need to be prioritized to support teachers' professional development. The implications of this study are the need for training and mentoring to improve self-efficacy and policies that support a conducive work environment. These results are expected to be a reference for schools and policymakers in designing more effective teacher development programs.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Siti Zulaikha, S.Ag.,M.Pd.; 2). Dr. Heru Santosa, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 27139 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 02:50 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 02:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54652 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |