MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK KELAS V DI SLB B PANGUDI LUHUR JAKARTA

MARIA VIRGINITA SULISTIANINGSIH, . (2025) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK KELAS V DI SLB B PANGUDI LUHUR JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (950kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SLB B Pangudi Luhur terhadap peserta didik dengan hambatan pendengaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui penerapan metode demonstrasi. Materi yang diajarkan dibatasi pada pembelajaran Program Microsoft Excel materi perhitungan sederhana. Penelitian ini dilaksanakan pada hari Jumat 1 November 2024 sampai Jumat, 13 Desember 2024. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDLB B Pangudi Luhur, dengan jumlah peserta didik adalah 7 (tujuh) orang yang memiliki hambatan pendengaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2(dua) siklus di mana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan durasi 2x40 menit. Setiap siklus menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan hasil belajar yang menunjukkan peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian mengacu pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sebelum melakukan tindakan siklus I, penulis mengecek data prasiklus sehingga penulis dapat melakukan perencanaan siklus I dengan tepat. Dari pengecekan data tersebut maka tampak bahwa pemahaman peserta didik mengenai materi Perhitungan Sederhana program Microsoft Excel masih belum tuntas. Setelah melakukan penelitian tindakan kelas pada akhir siklus II diperoleh bahwa pemahaman peserta didik hambatan pendengaran telah mengalami peningkatan. Setiap peserta didik mengalami perkembangan signifikan dalam memahami dan menerapkan konsep perhitungan sederhana di Microsoft Excel, terlihat dari meningkatnya ketelitian, daya ingat, serta kepercayaan diri mereka dalam menyelesaikan tugas. Nilai rata-rata peserta didik meningkat dari 75,3 pada prasiklus, menjadi 80,6 pada siklus I, dan mencapai 87,9 pada siklus II, melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Hasil ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dengan hambatan pendengaran terhadap materi perhitungan sederhana dalam Microsoft Excel. ***** This research is a Classroom Action Research (CAR) conducted at SLB B Pangudi Luhur involving students with hearing impairments. The study aims to improve learning outcomes in Information and Communication Technology through the application of the demonstration method. The material taught is limited to learning basic calculations in Microsoft Excel. This research was conducted from Friday, November 1, 2024, to Friday, December 13, 2024. The research subjects were fifth-grade students at SDLB B Pangudi Luhur, with a total of seven (7) students with hearing impairments. The study was carried out in two (2) cycles, where each cycle consisted of two meetings with a duration of 2×40 minutes. Each cycle followed the classroom action research procedure, which included planning, implementation, observation, and reflection. Data analysis in this study was conducted by calculating learning outcomes, which indicated an improvement in students' performance. The results refer to the Minimum Competency Criteria (KKM). Before implementing Cycle I, the researcher examined pre-cycle data to develop an appropriate plan. The analysis showed that students’ understanding of basic calculations in Microsoft Excel was still incomplete. After implementing the classroom action research, by the end of Cycle II, students with hearing impairments showed significant improvement in comprehension. Each student demonstrated remarkable progress in understanding and applying basic calculation concepts in Microsoft Excel, as reflected in increased accuracy, memory retention, and confidence in completing tasks. The students' average score improved from 75.3 in the pre-cycle to 80.6 in Cycle I and reached 87.9 in Cycle II, surpassing the Minimum Competency Criteria (KKM) of 70. These results indicate that the demonstration method is effective in enhancing the understanding of students with hearing impairments regarding basic calculations in Microsoft Excel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Murni Winarsih, M. Pd; 2). Suprihatin, M.Ed, Ed.D
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Maria Virginita Sulistianingsih .
Date Deposited: 05 Mar 2025 06:00
Last Modified: 05 Mar 2025 06:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54702

Actions (login required)

View Item View Item