EGA KOMALANINGSIH, . (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS II SDN BENDUNGAN HILIR 01 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana menggunakan model pembelajaran quantum learning pada siswa kelas II. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Bendungan Hilir 01 Jakarta Pusat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIA yang berjumlah 25 peserta didik pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model Kemmis and Mc. Taggart. Data hasil kemampuan menulis kalimat sederhana pada siklus I mencapai 56%, selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 80%, dan dilanjutkan pada siklus III mengalami peningkatan dan memenuhi kriteria ketercapaian sebesar 92%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa kelas II SDN Bendungan Hilir 01 sehingga guru dapat menggunakan model quantum learning sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. ***** This classroom action research aims to improve the ability to write simple sentences using the quantum learning model for second-grade students. The research was conducted at SDN Bendungan Hilir 01 in Central Jakarta. The subjects of this study were 25 students from Class IIA during the odd semester of the 2024/2025 academic year. The research utilized the Kemmis and McTaggart model. Data on the ability to write simple sentences indicated that, in Cycle I, the average score was 56%. In Cycle II, this score increased to 80%, and in Cycle III, it further improved to 92%, thus meeting the achievement criteria. The conclusion of this study is that the application of the quantum learning model effectively enhances the ability to write simple sentences among second-grade students at SDN Bendungan Hilir 01. Consequently, teachers are encouraged to use the quantum learning model as an alternative approach to improve students' writing skills in Indonesian language learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 27141 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 06:05 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 06:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54704 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |