PENGGUNAAN MEDIA SHOE TYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAKAI SEPATU BERTALI BAGI PESERTA DIDIK AUTISME RINGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL DI PKBM GAGAK MAS

KHALISHAH VIRGINA AMELLA HERMAWAN, . (2025) PENGGUNAAN MEDIA SHOE TYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAKAI SEPATU BERTALI BAGI PESERTA DIDIK AUTISME RINGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL DI PKBM GAGAK MAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (838kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text
LAMPIRAN (60)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan memakai sepatu bertali melalui media shoe tying dengan menggunakan metode drill bagi peserta didik autisme ringan kelas V di PKBM Gagak Mas dan dilaksanakan pada bulan Agustus 2024 sampai bulan November 2024. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart dan dilaksanakan selama dua siklus. Subjek penelitian adalah tiga peserta didik autisme ringan kelas V di PKBM Gagak Mas. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, pengamatan, evaluasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media shoe tying dengan metode drill dapat membantu peserta didik autisme ringan kelas V di PKBM Gagak Mas meningkatkan keterampilan memakai sepatu bertali. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari kualitas proses pembelajaran yang tercermin dari keaktifan, kemahiran, perhatian, peningkatan peserta didik pada keterampilan memakai sepatu bertali, antusias peserta didik selama proses pembelajaran, dan kepercayaan diri peserta didik saat praktik memakai sepatu bertali. Guru kelas menyampaikan cara memasangkan tali sepatu dengan menggunakan media shoe tying dan memakai sepatu bertali asli dengan menggunakan bahasa sederhana dan menjelaskan secara perlahan sehingga materi tersampaikan dengan baik. Guru kelas dan peneliti merefleksikan hasil tindakan pada setiap siklusnya. Pada siklus I peserta didik masih beradaptasi dengan materi memakai sepatu bertali, sehingga pada langkah memasangkan tali sepatu dengan pola menyilang dan mengikat tali sepatu masih belum mahir dan terlihat cukup kesulitan. Sedangkan pada siklus II peserta didik sudah mulai terbiasa dan lebih terampil saat menggunakan media shoe tying dan memakai sepatu bertali. Peningkatan dapat dilihat dari skor rata-rata kemampuan memakai sepatu bertali dari pratindakan sampai siklus II. Pada pratindakan, rata-rata peserta didik memperoleh nilai 34, kemudian meningkat menjadi 69 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 97 pada siklus II. Penelitian ini telah mencapai kriteria ketuntasan yaitu meningkat 50 poin dari nilai kemampuan awal peserta didik, maka dikatakan telah berhasil. ***** This class action research aims to improve the skills of wearing laced shoes through shoe tying media by using the drill method for students with mild autism class V at PKBM Gagak Mas and was carried out from August 2024 to November 2024. This class action research uses the Kemmis and Mc models. Taggart and carried out for two cycles. The research subjects are three students with mild autism class V at PKBM Gagak Mas. This research was conducted collaboratively between researchers and classroom teachers. Data collection is done by test, observation, evaluation, and documentation. The results of this study show that the use of shoe tying media with the drill method can help students with mild autism class V at PKBM Gagak Mas improve their skills in wearing laced shoes. The improvement is shown by the quality of the learning process which is reflected from the activity, proficiency, attention, the improvement of learners in the skill of wearing laced shoes, the enthusiasm of the students during the learning process, and the confidence of the students when practicing wearing laced shoes. The class teacher conveyed how to attach shoelaces using shoe tying media and wearing real lace-up shoes using simple language and explaining slowly so that the material is conveyed well. Class teachers and researchers reflect on the results of actions in each cycle. In cycle I, students still adapt to the material of wearing laced shoes, so that the step of attaching shoelaces with a cross pattern and tying shoelaces is still not proficient and looks quite difficult. While in cycle II students have started to get used to and become more skilled when using shoe tying media and wearing laced shoes. The increase can be seen from the average score of the ability to wear lace-up shoes from pre-action to cycle II. In pre-action, the average student obtained a score of 34, then increased to 69 in cycle I, and increased again to 97 in cycle II. This research has reached the completion criteria, which is an increase of 50 points from the initial ability score of the students, so it is said that it has been successful.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Bahrudin, M.Pd. ; 2). Suprihatin, M.Ed., Ed.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 27335 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2025 06:10
Last Modified: 05 Mar 2025 06:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54714

Actions (login required)

View Item View Item