PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN PLBJ KELAS II SDN PESANGGRAHAN 01 PAGI

FEBRIKA FITRIANTI, . (2020) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN PLBJ KELAS II SDN PESANGGRAHAN 01 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (720kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (373kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan strategi pembelajaran dengan metode Role Playing pada pembelajaran PLBJ kelas II SDN Pesanggrahan 01 Pagi. Berdasarkan metodenya penelitian ini termaksud dalam metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan adalah Model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu (1) Analysis: melakukan analisis tujuan pembelajaran dan karakteristik peserta didik, (2) Design: merencanakan dan merancang komponen-komponen dalam strategi pembelajaran, (3) Development: mengembangkan strategi pembelajaran dengan metode role playing untuk mata pelajaran PLBJ kelas II, (4) (Implementation): melakukan expert review dengan ahli desain pembelajaran, ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran dan juga wawancara One to one oleh pengguna yaitu guru, (5) (Evaluation) melakukan uji coba sebenarnya (Field Tes) dan memberikan tes formatif. Nilai yang di dapat pada tahap evaluasi formatif oleh ahli desain pembelajaran sebesar 3,76 (Sangat Baik), ahli materi sebesar 3.1 (Baik), ahli media sebesar 3.1 (Baik) dan hasil uji coba One to one untuk penguna yaitu guru diperoleh hasil bahwa strategi yang dirancang dan dikembangkan sudah baik dan dapat diterima dan dapat dijadikan panduan untuk guru mengajar di kelas. Untuk hasil Field Tes dengan memberikan tes formatif diperoleh hasil nilai rata-rata peserta didik kelas II sebesar 80 yang dimana diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran PLBJ yang dimana KKM pada mata pelajaran PLBJ sebesar 75. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran dapat digunakan untuk memfasilitasi guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan, Strategi Pembelajaran, Role Playing The Development of Learning Strategy using Role Playing Method in Second Grade PLBJ learning at SDN Pesangrahan 01 Pagi Febrika Fitrianti ABSTRACT This development research aims to produce a learning strategy using the method of role playing for 2nd grade PBLJ learning in SDN Pesanggrahan 01 Pagi. Based on the method this research is classified as Research and Development. The model used is the ADDIE model, which consists of five steps, (1) Analysis: analyzing learning objectives and student characteristics, (2) Design: plan and design the components in the learning strategy, (3) Development : developing learning strategy using the role playing method for 2nd grade PBLJ learning, (4) Implementation: expert review with instructional design expert, learning subject expert, and learning media expert as well as one-to-one interview with the target users that are teachers. (5) Evaluation : conducting field test and giving formative test. Scores earned during formative evaluation by instructional design expert is 3,76 (Very Good), 3,1 by subject expert (Good), 3,1 by media expert, and during the one to one test for users that are teachers it is obtained that the strategy that was designed and developed is good and adequate and can be used as a guide for teachers when teaching in class. From the Field Test by giving formative test it is obtained that the average of 2nd grade students is 80 which is above thr Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) for PBLJ subject. The result of this development reaserch shows that learning strategy can be used to facilitate teachers and students during instructional process. Keywords: Development, Learning Strategy, Role Playing

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs Erry Utomo, M.Ed, Ph.D. ; 2). Dr. Robinson Situmorang, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 1211 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2020 17:20
Last Modified: 06 Mar 2020 17:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5473

Actions (login required)

View Item View Item