HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN PULOGADUNG JAKARTA TIMUR

TANU ANDIKA, . (2020) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN PULOGADUNG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB)
[img] Text
LAMPIRAN - DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian korelasi ini bertujuan untuk mengetahui data hubungan antara efikasi diri dengan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Sampel pada penelitian ini berjumlah 243 orang yang merupakan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pulogadung. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan model konstelasi hubungan X dengan Y. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen non tes berupa angket dan instrumen tes berupa soal uraian. Data yang sudah didapatkan dianalisis menggunakan uji korelasi Product Moment dan diperoleh sebesar 0,792 dan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 20.123 > 1.651, menunjukkan bahwa hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak yang berarti terdapat hubungan yang positif antara efikasi diri dengan keterampilan berpikir kritis dengan derajat korelasi tinggi. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh sebesar 62,73% artinya keterampilan berpikir kritis dipengaruhi oleh efikasi diri sebesar 62.73%. Kata kunci: Efikasi Diri, Keterampilan Berpikir Kritis ABSTRACT This correlation study aims to find out the data of the relationship between self-efficacy and critical thinking skills of fifth grade students of State Elementary Schools in Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. The sample in this study amounted to 243 people who are fifth grade students of the State Elementary School in Kecamatan Pulogadung. Sampling using Simple Random Sampling technique with a constellation model of the relationship X with Y. Data collection is done by using a non-test instrument in the form of a questionnaire and test instruments in the form of a description item. The data obtained were analyzed using the Product Moment correlation test and obtained by 0.792 and t-test obtained tcount> ttable is 20.123> 1.651, indicating that the alternative hypothesis was accepted and the null hypothesis was rejected which meant there was a positive relationship between self-efficacy and critical thinking skills with high degree of correlation. Calculation of the coefficient of determination obtained by 62.73% means that critical thinking skills are influenced by self-efficacy of 62.73%. Keywords: Self-Efficacy, Critical Thinking Skills

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ir. Arita Marini, M.E. ; 2). Dr. Nidya Chandra, M.U, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1983 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2020 15:13
Last Modified: 10 Mar 2020 15:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5478

Actions (login required)

View Item View Item