Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Tari Andun Pada Peserta Didik Hambatan Intelektual Di SLB Negeri 12 Jakarta

Ibnu Rahmadhoni, . (2025) Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Tari Andun Pada Peserta Didik Hambatan Intelektual Di SLB Negeri 12 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak hambatan intelektual di SLB Negeri 12 Jakarta melalui kegiatan seni yaitu tari andun. Subjek pada penelitian ini adalah 3 orang peserta didik dengan hambatan intelektual. Design penelitian ini adalah Design penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model MC Taggart yang meliputi perencanaan, Tindakan dan observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tari andun dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar peserta didik hambatan intelektual di SLB Negeri 12 Jakarta. Hal ini, dapat dibuktikan dari tahap kemampuan awal diperoleh rata-rata sebesar 33, pada siklus I menjadi 83, dan pada siklus II menjadi 95. Dengan meningkatnya keterampilan motorik kasar peserta didik dapat memudahkan melakukan kegiatan seni tari dan menunjang dalam kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan motorik kasar. This study aims to improve the gross motor skills of children with intellectual disabilities at SLB Negeri 12 Jakarta through an arts activity, namely Andun dance. The subjects in this study are three students with intellectual disabilities. The research design is Classroom Action Research (CAR) using the McTaggart model, which includes planning, action and observation, and reflection. Data collection techniques include tests, observations, field notes, and documentation. The data analysis techniques used are both quantitative and qualitative analysis. / ***** The results of this study show that Andun dance can improve the gross motor skills of students with intellectual disabilities at SLB Negeri 12 Jakarta. This can be proven from the initial skill level, which had an average of 33, which increased to 83 in Cycle I, and further increased to 95 in Cycle II. With the improvement in gross motor skills, students find it easier to perform dance activities and this also supports daily activities related to gross motor skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Leliana Lianty, M.Pd; 2). Trisna Mulyeni, M.Sc
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Kesenian > Seni Tari
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Seni Pertunjukan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 26905 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2025 02:27
Last Modified: 06 Mar 2025 02:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54823

Actions (login required)

View Item View Item