NURUL UMAMAH SALSABILAH, . (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPS (SISWA KELAS IV C SDN TOMANG 01 PAGI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPAS materi IPS pada siswa kelas IV C SDN Tomang 01 Pagi menggunakan metode pembelajaran Inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian PTK atau Penelitian Tindakan Kelas model M. Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan Tindakan, kemudian refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari tes dan non tes (observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan dan lembar pengamatan). Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa model penggunaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS materi IPS siswa kelas IV. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis yang diperoleh siswa meningkat setelah mengikuti tes dari siklus I 71,42% menjadi 89,28% pada siklus II, terjadi peningkatan sebesar 17,86%. peningkatan juga terjadi pada hasil observasi tindakan guru dan siswa yang jika dilihat meningkat dari 66,67% ke 83,33% meningkat 16,66% pada hasil observasi tindakan guru dan 60% ke 88,33% meningkat 28,33% pada observasi tindakan siswa. hal ini menandakan bahwa kemampuan berpikir kritis dapat membantu siswa untuk mencapai pemikiran tingkat tinggi seperti mengamati, menanya, mencoba, mengkomunikasikan, menalar dan menganalisis materi sehingga siswa dapat terbentuk menjadi pribadi yang tangguh, rasional,kritis, cermat, dapat berpikir logis, efisien, dan efektif. ***** This research aims to improve critical thinking skills in learning science and social science material in class IV C students at SDN Tomang 01 Pagi using the guided inquiry learning method. The type of research used in this research is PTK research or Classroom Action Research model M. Kemmis and Mc. Taggart with stages of planning, implementation, observation and action, then reflection. Data collection techniques in this research consisted of tests and non-tests (observation, interviews, documentation, field notes and observation sheets). The results of this study show that the model of using the guided inquiry learning method can improve students' critical thinking skills in learning social science material for fourth grade students. The average value of critical thinking skills obtained by students increased after taking the test from cycle I from 71.42% to 89.28% in cycle II, an increase of 17.86%. an increase also occurred in the results of observing teacher and student actions which, if seen, increased from 66.67% to 83.33%, an increase of 16.66% in the results of observing teacher actions and 60% to 88.33%, an increase of 28.33% in observing actions. student. This indicates that critical thinking skills can help students to achieve high level thinking such as observing, asking, trying, communicating, reasoning and analyzing material so that students can be formed into individuals who are tough, rational, critical, careful, able to think logically, efficiently and effective.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Yustia Suntari, S.Pd.,M.Pd.; 2). Uswatun Hasanah, M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nurul Umamah Salsabilah . |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 06:39 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 06:39 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54844 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |