NURUL KAUTSARRANY, . (2025) PENGARUH SENTRA BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN INTERPERSONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN (EX POST FACTO). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (580kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (932kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sentra bermain peran terhadap kemampuan interpersonal anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Sampel terpilih dalam penelitian ini yaitu sebanyak 60 siswa berusia 4-5 tahun. Sampel berasal dari 2 RA di wilayah Sukabumi Selatan, yaitu RA Abdul Halim dan RA Nur Sholihah. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Data penelitian diperoleh dengan metode observasi pada guru kelas menggunakan alat ukur berupa instrumen. Instrumen penelitian digunakan untuk mengukur kemampuan interpersonal anak seperti berkomunikasi, berempati, bekerja sama, dan berteman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sentra bermain peran memiliki pengaruh yang signifikan pada kemampuan interpersonal anak usia 4-5 tahun. Hasil yang didapat dalam penelitian tersebut diperoleh nilai thitung pada uji-t yaitu 2,0847 > 1,6716 pada taraf signifikansi α = 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis H0 ditolak, sehingga menunjukkan adanya pengaruh sentra bermain peran terhadap kemampuan interpersonal pada anak usia 4-5 tahun. ***** This study aims to determine the effect of role-playing centres on the interpersonal skills of children aged 4-5 years. This research uses a quantitative method with an ex post facto approach. The selected sample in this study was 60 students aged 4-5 years. The sample came from 2 RA in South Sukabumi area, namely RA Abdul Halim and RA Nur Sholihah. Sampling in this study used random sampling technique. The research data was obtained by observation method on the class teacher using measuring instruments. The research instrument was used to measure children's interpersonal skills such as communicating, empathising, cooperating, and making friends. The results showed that role play centres have a significant influence on the interpersonal skills of children aged 4-5 years. The results obtained in the study obtained the t-test value of 2.0847 > 1.6716 at the significance level α = 0.05. So it can be concluded that "The H0 hypothesis is rejected, thus showing the influence of role-playing centres on interpersonal skills in children aged 4-5 years.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Niken Pratiwi, M.Pd. ; 2). Dr. (Phil) Sri Indah Pujiastuti, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Nurul Kautsarrany . |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 07:27 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 07:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54907 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |