PERAN KONTROL DIRI DALAM MEMEDIASI PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA SMA NEGERI DI KOTA BEKASI

ANISSA RIZKI NOVANTI, . (2025) PERAN KONTROL DIRI DALAM MEMEDIASI PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA SMA NEGERI DI KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (315kB)
[img] Text
2. Daftar Isi.pdf

Download (137kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (208kB)
[img] Text
9. Lampiran + Riwayat Hidup Penulis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan sebuah masalah yang timbul dari kebiasaan individu yang tidak mempertimbangkan antara kebutuhan dan keinginan dalam membeli suatu produk. Hal ini banyak terjadi pada remaja khususnya siswa SMA yang masih mudah terpengaruh oleh tren di media sosial dan lingkungan pertemanannya dalam membeli suatu produk. Para siswa mudah terpengaruh oleh media sosial dan lingkungan teman sebaya dikarenakan belum memiliki kontol diri yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan lingkungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif yang dimediasi oleh kontrol diri. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri di Kota Bekasi dengan populasi terjangkaunya adalah siswa SMAN 1 Kota Bekasi, SMAN 2 Kota Bekasi, dan SMAN 3 Kota Bekasi dengan sampel penelitian yang berjumlah 301 siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan bantuan aplikasi Smart PLS 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif; 2) Lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kosnumtif; 3) Penggunaan media sosial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kontrol diri; 4) Lingkungan teman sebaya berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kontrol dri; 5) Kontrol diri berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif; 6) Kontrol diri tidak memediasi pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif dan; 7) Kontrol diri tidak memediasi pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif. ***** Consumptive behavior is a problem that arises from the habits of individuals who do not consider between needs and wants when buying a product. This often happens to teenagers, especially high school students are still easily influenced by trends on social media and their friendship environment in purchasing a product. Students are easily influenced by social media and peer environments because they don't have self-control. Therefore, this study was conducted to determine the effect of social media use and peer environment on consumptive behavior mediated by self-control. The population in this study were students of State Senior High Schools in Bekasi City with the accessible population being students of SMAN 1 Bekasi City, SMAN 2 Bekasi City, and SMAN 3 Bekasi City with a research sample of 301 students. The Data were collected through questionnaires and analyzed using the Smart PLS 3.2.9 application. The results of this study indicate: 1) The use of social media has a positive and significant effect on consumptive behavior; 2) The peer environment has a positive and significant effect on consumptive behavior; 3) The use of social media has a negative and significant effect on self-control; 4) The peer environment has a negative and significant effect on self-control; 5) Self-control has a negative and significant effect on consumptive behavior; 6) Self-control does not mediate the effect of social media use on consumptive behavior and; 7) Self-control does not mediate the effect of peer environment on consumptive behavior.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ari Saptono, SE., M.Pd ; 2). Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ANISSA RIZKI NOVANTI .
Date Deposited: 12 Mar 2025 07:52
Last Modified: 12 Mar 2025 07:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54928

Actions (login required)

View Item View Item