WAHYU TRI UTAMI, . (2025) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (650kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris serta memberikan deskripsi mengenai pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 80 orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Cakung. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang terdiri dari 31 butir pertanyaan terkait pola asuh orang tua dan melakukan observasi terkait kemandirian anak usia 5-6 tahun yang terdiri dari 29 butir pernyataan. Melalui uji homogenitas memperoleh hasil bahwa nilai Sig. 0,061 > 0,05, yang artinya data homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji One Way Anava dengan nilai sig. 0,001 < 0,05, maka Ha diterima. Melalui uji-t, diperoleh nilai t hitung > t tabel, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun. Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak dapat dilihat melalui perbedaan tingkat kemandirian anak berdasarkan jenis pola asuh, yaitu pola asuh demokratis, pola asuh permisif, pola asuh neglectful, dan pola asuh otoriter. Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terhadap anaknya mempengaruhi terbentuknya kemandirian pada diri anak. Anak yang diberikan kebebasan untuk bereksplorasi akan membentuk kemandirian dan kepercayaan diri pada anak. Orang tua yang memberikan kepercayaan pada anak untuk melakukan segala sesuatu dengan dirinya sendiri, mendorong kemandirian pada diri anak. Kata kunci: Pola asuh, Orang tua, Kemandirian anak. ***** This study aims to obtain empirical data and provide a description of the influence of parenting styles on the independence of children aged 5-6 years in Cakung District, East Jakarta. The sample used in this study were 80 parents who had children aged 5-6 years in Cakung District. The sampling technique in this study used cluster random sampling technique. The method used in this research is ex post facto. Data collection was carried out by distributing questionnaires consisting of 31 questions related to parenting styles and making observations related to the independence of children aged 5-6 years consisting of 29 statement items. Through the homogeneity test obtained the result that the value of Sig. 0.061> 0.05, which means the data is homogeneous. Hypothesis testing using the One Way Anava test with a sig value. 0.001 <0.05, then Ha is accepted. Through the t-test, the value of t count> t table is obtained, so Ha is accepted and Ho is rejected, so this study shows that there is an influence of parenting on the independence of children aged 5-6 years. The influence of parenting styles on children's independence can be seen through differences in the level of children's independence based on the type of parenting, namely democratic parenting, permissive parenting, neglectful parenting, and authoritarian parenting. Parenting styles applied by parents to their children affect the formation of independence in children. Children who are given the freedom to explore will form independence and self-confidence in children. Parents who give children the trust to do everything by themselves, encourage independence in children.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Sofia Hartati, M.Si ; 2). Dr. Hapidin, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 27427 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 06:23 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 06:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54966 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |