PENINGKATAN TOLERANSI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PADA SISWA KELAS III SDN KELAPA DUA WETAN 02 JAKARTA TIMUR

ASEP FARHAN MUBAROK, . (2025) PENINGKATAN TOLERANSI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PADA SISWA KELAS III SDN KELAPA DUA WETAN 02 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover - asep.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1 - asep.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB 2 - asep.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 - asep.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 - asep.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 - asep.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text
Dafpus - asep.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Lampiran - asep.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan toleransi siswa melalui permainan tradisional pada siswa kelas III-A SDN Kelapa Dua Wetan 02 Jakarta Timur dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan rentang waktu bulan November 2024 – Januari 2025 pada tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis dan McTaggart yang dilakukan dalam tiga siklus dimana setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Karakter toleransi siswa yang diharapkan harus mencapai keberhasilan sebesar >80% dengan target ketuntasan sebesar 80% dari jumlah seluruh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan peningkatan toleransi setelah diterapkan permainan tradisional yang ditandai dengan toleransi siswa pada siklus III. Toleransi siswa pada siklus I meraih persentase sebesar 60,71%. Pada siklus II meningkat menjadi 75%. Pada siklus III kembali meningkat menjadi 89,28%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional dapat diterapkan untuk meningkatkan toleransi siswa.*****This research aims to increase the tolerance of students through traditional games in third-grade students of SDN Kelapa Dua Wetan 02 East Jakarta, with a total of 28 students. The research was conducted over a period from November 2024 to January 2025 during the 2024/2025 academic year. The research method used in this study is Classroom Action Research (CAR), which adapts the model by Kemmis and McTaggart, carried out in three cycles, with each cycle consisting of four stages: planning, action implementation, observation, and reflection. The expected improvement in students' tolerance should reach a success rate of >80%, with a completion target of 80% of the total number of students. The results of the study show an improvement in the tolerance after the traditional games were implemented, as evidenced by the students' tolerance in Cycle III. In Cycle I, the tolerance reached 60.71%. In Cycle II, it increased to 75%. In Cycle III, it further increased to 89.28%. Therefore, it can be concluded that traditional games can be used to improve students' tolerance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Julius Sagita, M.Pd; 2). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 27492 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2025 02:15
Last Modified: 10 Mar 2025 02:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55014

Actions (login required)

View Item View Item