PENERAPAN REGRESI SPASIAL DALAM MENGANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB ANGKA PUTUS SEKOLAH DI PROVINSI SUMATERA UTARA

ELVIRA BUNGA NASUTION, . (2025) PENERAPAN REGRESI SPASIAL DALAM MENGANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB ANGKA PUTUS SEKOLAH DI PROVINSI SUMATERA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy

Abstract

Angka putus sekolah merupakan salah satu tantangan Indonesia dalam merancang pendidikan inklusif dan bermutu dimana setiap anak berhak mendapat pendidikan yang setara agar terwujudnya tujuan keempat dari Sustainable Development Goals (SDGs) pada tahun 2030. Provinsi Sumatera Utara merupakan provinsi dengan masalah putus sekolah tertinggi di Indonesia yaitu mencapai 8052 anak pada 2022 dan 8050 anak pada 2023. Banyaknya anak putus sekolah di suatu wilayah sering kali dipengaruhi oleh wilayah sekitarnya karena memiliki kualitas pendidikan, kondisi geografis, dan faktor lingkungan sosial yang serupa. Analisis dilakukan menggunakan regresi spasial untuk memahami pengaruh spasial serta mengidentifikasi faktor-faktor penyebab angka putus sekolah di Provinsi Sumatera Utara. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data sekunder tahun 2023 terkait pendidikan anak usia wajib belajar di Sumatera Utara. Hasil penelitian mendapatkan bahwa Spatial Error Model (SEM) menggunakan pembobot spasial Queen Contiguity merupakan model terbaik dengan Nilai R-square sebesar 69,11% dan AIC sebesar 70,71. Faktor-faktor seperti rasio murid guru, rata – rata lama sekolah, tingkat pengangguran terbuka, dan angka partisipasi murni terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap angka putus sekolah pada taraf 5%. ******** The dropout rate is one of Indonesia's challenges in designing inclusive and quality education where every child is entitled to equal educational opportunities to achieve the fourth goal of the Sustainable Development Goals (SDGs) by 2030. North Sumatra Province has the highest school dropout number in Indonesia, reaching 8052 in 2022 and 8050 in 2023. High dropout rates in a region are often influenced by neighboring areas due to similar educational quality, geographical conditions, and social environment factors. Spatial regression analysis is employed to understand the spatial influence of this phenomenon and identify the factors affecting school dropout rates in North Sumatra. The data used in this study are secondary data from 2023 related to the education of compulsory school-age children in North Sumatra. Results show that the Spatial Error Model (SEM) using spatial weights with Queen Contiguity is identified as the best model with an R-squared of 69.11% and an AIC of 70.71. Factors such as the student-teacher ratio, average years of schooling, open unemployment rate, and net enrollment rate have been proven to significantly influence the dropout rates at the 5% level.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ir. Bagus Sumargo, M.Si. 2). Dra. Widyanti Rahayu, M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Matematika Geografi, Kartografi
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Sains > Statistika
Divisions: FMIPA > S1 Statistika
Depositing User: Elvira Bunga Nasution .
Date Deposited: 07 Mar 2025 03:47
Last Modified: 07 Mar 2025 03:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55039

Actions (login required)

View Item View Item