PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENGENALKAN SELF-ESTEEM PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

AFIFAH FITRAH ISTIYANAH, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENGENALKAN SELF-ESTEEM PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (482kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk pop-up book “Alya Bisa Menghargai Dirinya” sebagai media dalam mengenalkan self-esteem pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Isi materi yang terdapat pada pop-up book yakni 4 komponen self-esteem antara lain keberhasilan, nilai, aspirasi, dan pertahanan. Instrumen pada penelitian ini menggunakan penilaian Skala Likert yang ditujukan pada ahli materi, ahli media, dan praktisi serta Skala Guttman yang ditujukan pada peserta didik. Hasil dari penilaian ahli materi memperoleh persentase sebesar 98% sementara ahli media memperoleh persentase 97,5%%, dan penilaian praktisi memperoleh persentase 87,5% Adapun hasil uji coba kelayakan pada peserta didik memperoleh persentase 84% pada uji coba I dan 94,5% pada uji coba II. Berdasarkan hasil data tersebut, maka temuan penelitian menunjukkan bahwa media pop-up book layak untuk digunakan karena memiliki manfaat sebagai media yang menunjang untuk mengenalkan self-esteem pada anak usia 5-6 tahun.***** This development research aims to produce the pop-up book product "Alya Bisa Menghargai Dirinya" as a medium for introducing self-esteem to children aged 5-6 years. The method used in this research is Research and Development with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) development model. The content of the material contained in the pop-up book is 4 components of self-esteem, including success, values, aspirations and defense. The instrument in this research uses a Likert Scale assessment aimed at material experts, media experts and practitioners as well as a Guttman Scale aimed at students. The results of the material expert assessment obtained a percentage of 98%, while the media expert obtained a percentage of 97.5%, and the practitioner assessment obtained a percentage of 87.5%. The results of the feasibility trial for students obtained a percentage of 84% in trial I and 94.5%. % in trial II. Based on the results of these data, the research findings show that pop-up book media is suitable for use because it has benefits as a media that supports introducing self-esteem in children aged 5-6 years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hikmah, M.M., M.Pd. ; 2). Dr. Hapidin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Afifah Fitrah Istiyanah .
Date Deposited: 07 Mar 2025 03:38
Last Modified: 07 Mar 2025 03:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55094

Actions (login required)

View Item View Item