PENGARUH PENGUASAAN SOFT SKILL, EFIKASI DIRI, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI DI JAKARTA TIMUR

ALKHAFI RIFALDY, . (2025) PENGARUH PENGUASAAN SOFT SKILL, EFIKASI DIRI, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterbatasan keterampilan yang relevan dan minimnya peluang kerja telah menjadi tantangan signifikan bagi lulusan SMK untuk memasuki dunia kerja. Mempersiapkan secara komprehensif menjadi hal yang perlu diperhatikan sebagai bekal memasuki dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh soft skill, efikasi diri, dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja siswa Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi, data yang digunakan merupakan data primer dengan total sampel 138 siswa di empat SMK Negeri di Jakarta Timur. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji hipotesis simultan, dan uji hipotesis parsial. Secara parsial, penguasaan soft skill dan efikasi diri masing-masing mempengaruhi kesiapan kerja secara signifikan. Namun, motivasi kerja sendiri tidak mempengaruhi kesiapan kerja. Secara simultan, hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa penguasaan soft skill, efikasi diri, dan motivasi kerja secara signifikan mempengaruhi kesiapan kerja siswa dengan besaran koefisien determinasi 0,680. Kombinasi dari ketiga faktor ini menciptakan sinergi yang positif dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di dunia kerja yang dinamis. Kata kunci: Kesiapan Kerja, Soft skill, Efikasi Diri, Motivasi Kerja ***** The scarcity of relevant skills and limited job opportunities have posed significant challenges for vocational high school graduates in entering the professional world. Comprehensive preparation has become essential for individuals to successfully transition into the professional world. This study aimed to investigate the impact of soft skills, self-efficacy, and work motivation on the job readiness of accounting students at state vocational high schools in East Jakarta. A quantitative correlational research method was employed, with data collected from a survey of 138 students from four state vocational high schools in East JakartaData analysis was conducted using multiple linear regression, simultaneous hypothesis testing, and partial hypothesis testing. Partially, both soft skills and self-efficacy significantly influenced job readiness. However, work motivation alone did not significantly influence job readiness. Simultaneously, the results of this study revealed that soft skills, self-efficacy, and work motivation significantly influenced students' job readiness with a coefficient of determination of 0.680. The combination of these three factors created a positive synergy in preparing students for the dynamic challenges of the professional world. Keywords: Job Readiness, Soft skills, Self-efficacy, Work Motivation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dwi Kismayanti Respati, S.Pd., M.Ak. ; 2). Susi Indriani, SE., M.S.Ak.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 27503 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2025 07:44
Last Modified: 07 Mar 2025 07:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55108

Actions (login required)

View Item View Item