PENGEMBANGAN SILABUS MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

WINDA NUR AFIFA, WINDA (2020) PENGEMBANGAN SILABUS MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan sebuah silabus mata pelajaran desain grafis percetakan berbasis keterampilan abad 21 pada sekolah menengah kejuruan. Penelitian pengembangan ini menggunakan Successive Approximation Models 1 (SAM1) yang dipadukan dengan model desain silabus kurikulum 2013. Successive Approximation Models 1 (SAM 1) digunakan dalam prosedur pengembangan secara keseluruhan, sedangkan model desain silabus kurikulum 2013 digunakan untuk desain pengembangan silabus itu sendiri. Successive Approximation Models 1 (SAM1) terdiri dari 3 tahapan pengembangan yang diawali dan diakhiri dengan evaluasi, tahapan-tahapanya yaitu: (1) Evaluate (evaluasi untuk menganalisis kebutuhan), (2) Design (mendesain produk), (3) Develop (mengembangkan produk), (4) Evaluate (mengevaluasi produk). Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui kuesioner untuk penilaian review ahli dan wawancara untuk uji coba satu-satu. Adapun hasil dari review ahli materi memperoleh skor 3.4 dan ahli desain pembelajaran memperoleh skor 3.8 untuk setiap komponen silabus dan skor 100% untuk prinsip pengembangan silabus. Berdasarkan hasil tersebut silabus kurikulum yang telah dikembangkan memperoleh skor dengan kategori sangat baik. Sedangkan, hasil dari uji coba satu-satu diperoleh bahwa silabus yang dikembangkan sudah baik, dapat diterima, dan dapat dijadikan panduan oleh guru untuk mengembangkan RPP. This research aims to generate a syllabus for graphic design printing subject based on 21st-century skills in vocational high school. This development research uses Successive Approximation Models 1 (SAM1) integrated with the 2013 curriculum design model. Successive Approximation Model 1 (SAM1) is used in the overall development procedure, while the 2013 curriculum design model is used for syllabus design development. Successive Approximation Model 1 (SAM1) consists of 3 development steps which begin and end with an evaluation, the steps are (1) Evaluate (evaluation to analyze needs), (2) Design (product design), (3) Develop (product development), (4) Evaluate (product evaluation). This research uses questionnaires for expert evaluation and interviews for one-to-one evaluation. The result of the subject-matter expert review is 3.4 and the instructional design expert is 3.8 for every component syllabus and 100% for principles of syllabus development. Based on predetermined criteria, the syllabus of the curriculum developed achieved a very good result. The result of the one-to-one evaluation indicates that the syllabus developed is good and accepted, and it could be used as a guide for the teacher to develop a syllabus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Khaerudin, M.Pd 2). Diana Ariani, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 1222 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2020 18:24
Last Modified: 09 Apr 2020 18:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5518

Actions (login required)

View Item View Item