PENGARUH BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAUR ULANG SAMPAH PRINSIP 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

ZAHRA TAQIYAH, . (2025) PENGARUH BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAUR ULANG SAMPAH PRINSIP 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File COVER.pdf

Download (727kB)
[img] Text
File BAB 1.pdf

Download (686kB)
[img] Text
File BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
File Daftar Pustaka.pdf

Download (265kB)
[img] Text
File Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Anak usia dini adalah usia dimana sedang menjalani suatu proses perkembangan dengan yang menjadi dasar pondasi awal yang dibutuhkan dalam menghadapi permasalahan atau kesulitan di kemudian hari. Salah satu permasalahan besar yang selalu muncul adalah permasalahan lingkungan terkait sampah, setiap tahun jutaan ton sampah dihasilkan tanpa terkecuali negara Indonesia. Melihat adanya permasalahan yang belum terbenahi dengan baik dan benar, maka dari itu pengelolaan lingkuan sangat penting dalam rangka menjamin kualitas hidup manusia. Berangkat dari teori Environmental Moral Behavior (EMB) bahwa pendidikan lingkungan harus lebih digalakkan untuk memberikan kesadaran dalam memahami hubungan, kepedulian antara manusia, budaya dan lingkungan hidup. Pendidikan menjadi menjadi salah satu dari banyak metode yang akurat dapat menghasilkan generasi penerus yang memiliki pengetahuan dan pemahaman akan kesadaran dari masalah tersebut, tanpa terkecuali Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dengan metode juga pemilihan cara pembelajaran yang tepat maka diharapkan ketercapaian dari tujuan bisa terwujud. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh buku cerita bergambar terkait daur ulang sampah prinsip 3R (reduce, reuse, recycle) terhadap pemahaman anak usia dini usia 5-6 tahun di BKB PAUD SOKA Rawamangun, Jakarta Timur. Pada penelitian eksperimen ini menggunakan metode kuantitatif menunjukan hasil perhitungan dengan bantuan SPSS 26.0 bahwa nilai signifikasi 0,00<0,05 sehingga dengan ini menerima H1 yang menyatakan terdapat pengaruh signifikan dari penerapaan dan penggunaan buku cerita bergambar terhadap pemahaman konsep daur ulang sampah prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recylce) anak usia 5-6 tahun diterima. ***** Early childhood is a stage of life characterized by a developmental process that lays the foundational basis needed to face challenges or difficulties in the future. One of the major recurring issues is environmental problems related to waste. Each year, millions of tons of waste are generated worldwide, including in Indonesia. Given that this issue has not been properly and effectively addressed, environmental management is crucial in ensuring the quality of human life. Based on the theory of Environmental Moral Behavior (EMB), environmental education must be promoted to raise awareness and understanding of the interconnection between humans, culture, and the environment. Education is one of the most effective methods for producing future generations with knowledge and awareness of these issues. Early Childhood Education (PAUD) is no exception; with the right teaching methods and learning approaches, achieving educational goals becomes possible. This study aims to examine the influence of picture storybooks related to the 3R (Reduce, Reuse, Recycle) waste recycling concept on the understanding of early childhood learners aged 5-6 years at BKB PAUD Soka, Rawamangun, East Jakarta. This experimental research employs a quantitative method, and the calculation results using SPSS 26.0 indicate a significance value of 0.00 < 0.05. This supports the acceptance of H1, confirming that the implementation and use of picture storybooks have a significant impact on children's understanding of the 3R waste recycling concept at the ages of 5-6 years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yuliani Nurani., M. Pd; 2). Eriva Syamsiatin., S. Pd M. Si
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Zahra Taqiyah .
Date Deposited: 10 Mar 2025 02:21
Last Modified: 10 Mar 2025 02:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55187

Actions (login required)

View Item View Item