MODEL MEDIA PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA ARAB BERBASIS VIDIO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI PLOTAGON (PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DI KELAS 10 SMA ISLAM AL AZHAR KELAPA GADING, JAKARTA )

NADIA PITALOKA PUTRI, . (2025) MODEL MEDIA PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA ARAB BERBASIS VIDIO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI PLOTAGON (PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DI KELAS 10 SMA ISLAM AL AZHAR KELAPA GADING, JAKARTA ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah pembelajaran bahasa Arab di sekolah dengan mengembangkan model media pembelajaran berbicara bahasa Arab berbasis video animasi menggunakan aplikasi Plotagon di kelas 10 SMA Islam Al Azhar Kelapa Gading, Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi lima tahap: analisis, desain, pengembangan, uji coba, dan evaluasi. Pada tahap analisis, kebutuhan siswa diidentifikasi di kelas 10D yang terdiri dari 30 siswa di SMA Islam Al Azhar Kelapa Gading, Jakarta. Tahap selanjutnya melibatkan desain produk, dan yang ketiga adalah pengembangan produk. Peneliti berhasil mengembangkan media pembelajaran berbicara bahasa Arab yang memungkinkan pembelajaran mandiri di mana saja dalam bentuk video animasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan melalui aplikasi Plotagon memperoleh validasi yang sangat baik dari ahli materi pelajaran dengan persentase 92% yang menunjukkan "Sangat Layak." Penilaian dari ahli media memperoleh persentase 88%, yang juga menunjukkan "Sangat Layak" untuk kelayakan media digunakan. Selanjutnya, uji coba lapangan pada siswa menunjukkan bahwa media ini efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab, dengan tingkat keberhasilan mencapai 81,47%, yang menunjukkan hasil penilaian pada siswa "Sangat Layak." Dampak penelitian ini adalah peningkatan minat dan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa, serta memberikan alternatif media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini menyarankan penggunaan media berbasis video animasi untuk pembelajaran bahasa Arab di sekolah-sekolah lain guna meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Kata kunci: media pembelajaran; aplikasi plotagon; video animasi. This research aims to analyze the issues in Arabic language learning at schools by developing a learning media model for Arabic speaking skills based on animated videos using the Plotagon application in Grade 10 of Al-Azhar Islamic Senior High School, Kelapa Gading, Jakarta. The method used in this study is Research and Development (R&D) with the ADDIE model, which consists of five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. During the analysis stage, the needs of Grade 10D students, comprising 30 students at Al-Azhar Islamic Senior High School, Kelapa Gading, Jakarta, were identified. The subsequent stages involved designing the product and developing the product. The researcher successfully developed Arabic-speaking learning media that enables self-learning anywhere in the form of animated videos. The research results indicate that the learning media developed using the Plotagon application received excellent validation from subject matter experts with a score of 92%, indicating "Highly Suitable." Media experts gave a score of 88%, also indicating "Highly Suitable" for media feasibility. Furthermore, field trials with students showed that the media is effective in improving Arabic speaking skills, with a success rate of 81.47%, which reflects a "Highly Suitable" evaluation from students. The impact of this research is an increase in students' interest and ability in Arabic speaking, as well as providing an engaging and interactive alternative learning media. This research recommends using animated video-based media for Arabic language learning in other schools to improve the quality of Arabic education in Indonesia. Keywords: learning media, Plotagon application, animated videos.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Jubaidah, M.A. 2). Andri Ilham, M.A.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nadia Pitaloka Putri .
Date Deposited: 10 Mar 2025 06:48
Last Modified: 10 Mar 2025 06:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55363

Actions (login required)

View Item View Item