Vita Amalia Rosa Sumantri, . (2025) PENERAPAN METODE SUKU KATA DALAM INTERVENSI KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA HAMBATAN INTELEKTUAL Di SLBN 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
File COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
File BAB 1 Pendahuluan.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
File BAB 2 Landasan Teori.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File BAB 3 Metodologi.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File BAB 4 Hasil.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File BAB 5 Kesimpulan dan Saran.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
Lampiran dan Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode suku kata yang diterapkan dalam membaca permulaan siswa hambatan intelektual ringan di kelas 5 SLB Negeri 2 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data dalam penelitian menggunakan teknik Miles dan Hubberman. Subjek di dalam penelitian ini yaitu guru pengajar siswa hambatan intelektual kelas 5C. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: siswa hambatan intelektual kelas 5C ditemukan belum dapat membaca kata pola konsonan-vokal-konsonan-vokal. Oleh karena itu, perlu adanya metode membaca yang harus diterapkan oleh guru dalam membimbing siswa belajar membaca permulaan. Metode tersebut yaitu metode suku kata. Dalam penerapannya guru melaksanakan dengan (1) pendekatan secara individual, (2) instruksi, (3) pembiasaan kegiatan membaca dengan buku suku kata. Pelaksanaan kegiatan belajar membaca permulaan dengan metode suku kata ini menggunakan media buku membaca suku kata yang menjadi bentuk pembiasaan guru sebelum masuk pada kegiatan merangkai pias-pias huruf menjadi suku kata dan merangkai suku kata menjadi kata. Untuk melancarkan dan melatih siswa dalam membaca kata perlunya kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar dan kerja sama antara orang tua siswa dengan guru. Hal tersebut yang menjadi faktor pendukung kemampuan membaca siswa hambatan intelektual.***** This study aims to describe how the application of the syllable method is applied in early reading for students with mild intellectual disabilities in class 5 of SLB Negeri 2 Jakarta. The research method used is a descriptive qualitative research method. Data collection was carried out through observation, interviews, and documents. Data analysis in the study used the Miles and Hubberman technique. The subjects in this study were teachers teaching students with intellectual disabilities in class 5C. The results obtained in this study are as follows: students with intellectual disabilities in class 5C were found to be unable to read words with a consonant-vowelconsonant-vowel pattern. Therefore, it is necessary to have a reading method that must be applied by teachers in guiding students to learn to read early. The method is the syllable method. In its application, teachers carry out (1) an individual approach, (2) instructions, (3) habituation of reading activities with syllable books. The implementation of early reading learning activities with this syllable method uses a syllable reading book media which is a form of teacher habituation before entering the activity of arranging letter segments into syllables and arranging syllables into words. To facilitate and train students in reading words, student discipline is needed in participating in learning activities and cooperation between parents and teachers. These are the supporting factors for the reading ability of students with intellectual disabilities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Mohammad Arif Taboer, M.Pd; 2). Marja, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Vita Amalia Rosa Sumantri . |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 07:03 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 07:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55386 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |