PERBEDAAN KERAGUAN KARIER BERDASARKAN STATUS IDENTITAS EGO PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

AGUNG BUDI RAHARJO, . (2025) PERBEDAAN KERAGUAN KARIER BERDASARKAN STATUS IDENTITAS EGO PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (986kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keraguan karier berdasarkan status identitas ego pada mahasiswa tingkat akhir Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Jakarta. Sampel penelitian terdiri dari 133 mahasiswa tingkat akhir tahun angkatan 2018-2021 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria telah menyelesaikan mata kuliah Praktik Keterampilan Mengajar dan sedang dalam tahap penyusunan tugas akhir. Data dikumpulkan menggunakan Extended Objective Measure of Ego Identity Status II (EOM-EIS II) dikembangkan oleh Adams et al., 1979 dan Career Decision Scale (CDS) oleh Osipow (1986), kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji Kruskal-Wallis dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden berada dalam status Moratorium Identitas (40,60%) dan tergolong dalam kategori keraguan karier Developmentally Undecided (57,14%). Hasil uji Kruskal-Wallis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam tingkat keraguan karier berdasarkan status identitas ego. Mahasiswa dengan status Diffusion dan Moratorium memiliki tingkat keraguan karier yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang telah mencapai status Achievement. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam tingkat keraguan karier berdasarkan status identitas ego. Oleh karena itu, diperlukan intervensi eksplorasi identitas dan layanan bimbingan karier yang lebih terarah untuk membantu mahasiswa dalam mencapai kejelasan identitas dan mengurangi tingkat keraguan karier mereka. ***** This study aims to analyze the differences in career indecision based on ego identity status among final-year students in the Guidance and Counseling Study Program at Universitas Negeri Jakarta. The research sample consisted of 133 final-year students 2018-2021 selected using the purposive sampling technique, with criteria including completion of the Teaching Skills Practicum course and being in the process of completing their final thesis. Data were collected using the Extended Objective Measure of Ego Identity Status II (EOM-EIS II) Adams et al., 1979 and the Career Decision Scale (CDS) Osipow (1986), then analyzed using descriptive statistics and the Kruskal-Wallis test with SPSS version 23. The results indicate that the majority of respondents were in the Moratorium Identity status (40.60%) and categorized as Developmentally Undecided (57.14%) in terms of career indecision. The Kruskal-Wallis test revealed a significant difference in the level of career indecision based on ego identity status. Students with Diffusion and Moratorium status exhibited higher levels of career indecision compared to those who had reached Achievement status. This study concludes that there are significant differences in career indecision levels based on ego identity status. Therefore, targeted identity exploration interventions and structured career counseling services are necessary to help students achieve greater identity clarity and reduce their career indecision levels.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Happy Karlina Marjo, M.Pd. Kons. ; 2). Dr. Herdi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Agung Budi Raharjo .
Date Deposited: 12 Mar 2025 06:07
Last Modified: 12 Mar 2025 06:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55507

Actions (login required)

View Item View Item