PENGEMBANGAN MODUL STAF AKUNTANSI MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SESUAI KEBUTUHAN INDUSTRI

YUSUF SYAIFULLOH, . (2025) PENGEMBANGAN MODUL STAF AKUNTANSI MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SESUAI KEBUTUHAN INDUSTRI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (800kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
9. Lampiran Compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kompetensi teknis dan interpersonal khususnya untuk luaran SMK Akuntansi yaitu sebagai tenaga akuntansi. Penelitian ini dilakukan karena ditemukan adanya kesenjangan antara kebutuhan kompetensi di dunia industri dengan struktur kurikulum saat ini. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh BPS, tingkat pengangguran terbuka tertinggi ditempati oleh lulusan SMK. Dimana pada studi kasus ini, SMK Satya Bhakti 2 Jakarta pada konsentrasi keahlian akuntansi dalam tiga tahun terakhir hanya 1 dari 82 lulusan yang bekerja sebagai tenaga akuntansi. Pengembangan modul ini disusun dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation & Evaluation). Penelitian diawali dengan analisis kebutuhan pengguna di dunia usaha & industri, dilanjutkan dengan penyusunan desain dan pengembangan yang kemudian diimplementasikan atau diujicobakan kepada book reviewer untuk memastikan modul pembelajaran ini layak untuk digunakan. Setelah melalui proses validasi kepada ahli, modul pembelajaran didapatkan penilaian dengan skor 90% dari ahli materi, 94% dari ahli media dan 92% dari praktisi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran telah layak untuk digunakan. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah project based learning, digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa agar lebih aktif dalam menyelesaikan proyek dan mendapatkan pengalaman nyata. Penelitian berikutnya dapat dilakukan setelag minimum dua tahun untuk melihat apakah modul ini dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan diterima sebagai staf akuntansi di perusahaan. Keyword: Pengembangan Modul, Staf Akuntansi, Kompetensi, Project Based Learning. ************ This study aims to develop a learning module used to improve technical and interpersonal competencies, especially for the output of Accounting Vocational High Schools, namely as accounting staff. This study was conducted because there was a gap between the competency needs in the industrial world and the current curriculum structure. Based on a survey conducted by BPS, the highest open unemployment rate is occupied by vocational high school graduates. Where in this case study, SMK Satya Bhakti 2 Jakarta in the accounting expertise concentration in the last three years only 1 out of 82 graduates worked as accounting staff. The development of this module was compiled using the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation & Evaluation). The study began with an analysis of user needs in the business & industrial world, continued with the preparation of the design and development which was then implemented or tested on book reviewers to ensure that this learning module was suitable for use. After going through the validation process with experts, the learning module was assessed with a score of 90% from material experts, 94% from media experts and 92% from practitioners. So, it can be concluded that the learning module is suitable for use. The learning approach used is project-based learning, used to improve students' thinking skills to be more active in completing projects and gaining real experience. Further research can be conducted after a minimum of two years to see whether this module can improve graduate competency and be accepted as accounting staff in companies. Keyword: Module Development, Accounting Staff, Competency, Project-Based Learning

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Etty Gurendrawati, M.Si., Ak. ; 2). Prof. Dr. Umi Widyastuti, S.E., M.E.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S2 Akuntansi
Depositing User: Yusuf Syaifulloh .
Date Deposited: 26 Mar 2025 03:21
Last Modified: 26 Mar 2025 03:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55536

Actions (login required)

View Item View Item