AURYN AMORIVIA PRINGGODARMO, . (2025) ANALISIS AIDA PADA IKLAN KREATIF MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KASUS INSTAGRAM @UNIVERSALMUSICINDONESIA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (632kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) dalam strategi pemasaran yang dilakukan oleh Universal Music Indonesia. Model AIDA dianggap sebagai salah satu pendekatan yang dapat membantu merumuskan strategi pemasaran yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara tidak ber-struktur kepada sepuluh responden yang melihat iklan musisi dari Universal Music Indonesia di Instagram @universalmusicindonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model AIDA membantu Universal Music Indonesia dalam menyusun strategi promosi musisi sehingga menarik audiens pada setiap tahap, mulai dari perhatian (Attention) hingga tindakan (Action). Audiens tertarik dengan frekuensi penayangan iklan yang tinggi serta elemen kreatif yang mencerminkan ciri khas album. Informasi yang jelas dalam iklan meningkatkan minat (Interest) dan membangun keinginan (Desire) untuk mendengarkan lagu atau membeli album. Implikasi teoretis dari penelitian ini menunjukkan bahwa model AIDA tetap relevan dalam mendukung efektivitas iklan kreatif. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa keterbatasan, seperti jumlah sampel yang terbatas dan fokus yang hanya pada platform Instagram, sehingga disarankan untuk penelitian selanjutnya agar melibatkan wawancara dengan pihak perusahaan dan memperluas cakupan penelitian ke platform media sosial lainnya.*****This study aims to analyze the use of the AIDA model (Attention, Interest, Desire, Action) in the marketing strategies implemented by Universal Music Indonesia. The AIDA model is considered one of the approaches that can help formulate effective marketing strategies. This research employs a qualitative method, with data collected through unstructured interviews with ten respondents who have seen advertisements for Universal Music Indonesia’s artists on Instagram @universalmusicindonesia. The analysis results show that applying the AIDA model helps Universal Music Indonesia develop promotional strategies that engage the audience at each stage, from Attention to Action. The audience is drawn to the high frequency of ad exposure and creative elements that reflect the album's unique characteristics. Clear information in the ads increases Interest and builds Desire to listen to the songs or purchase the album. The theoretical implications of this study indicate that the AIDA model remains relevant in supporting the effectiveness of creative advertising. This study also identifies several limitations, such as a limited sample size and a focus solely on Instagram. Future research is recommended to include interviews with company representatives and expand the study to other social media platforms.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Sholikhah, MM. ; 2). Dewi Agustin Pratama Sari, S.E., M.S.M. |
Subjects: | Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | FE > D IV Pemasaran Digital |
Depositing User: | Auryn Amorivia Pringgodarmo . |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 06:42 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 06:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55566 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |